Menkominfo Akui Keamanan Siber Indonesia Perlu Ditingkatkan: Ini Jadi Perhatian Kita Semua - inews

 Menkominfo Akui Keamanan Siber Indonesia Perlu Ditingkatkan: Ini Jadi Perhatian Kita Semua

JAKARTA, iNews.id -Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan Indonesia bukan satu-satunya negara yang kenaserangan ransomware. Ini diungkapkannya saat menghadiri Rapat Kerja Komisi I DPR RI.

"Tidak ada negara di seluruh dunia yang gak pernah kena serangan ransomware," katanya.

Pada kesempatan itu, Menkominfo Budi menyebutkan negara mana saja yang paling sering kena serangan ransomware. Di antara data yang dipaparkannya, Indonesia terdampak paling kecil.

"Terbesar itu adalah Amerika Serikat dengan 40,34 persen; Kanada 6,75 persen; Inggris 6,44 persen; Jerman 4,92 persen; dan Perancis 3,8 persen. Indonesia sendiri terkena dampak 0,67 persen dari serangan ransomware. Jadi, virus ini melanda seluruh dunia dan menjadi perhatian kita bersama," katanya.

Pada kasus Indonesia, kata Menkominfo, virus yang menyerang itu versi paling akhir, sehingga menjadi perhatian seluruh dunia. Bagaimana dengan pertahanan siber di seluruh negara?

Menteri Budi menerangkan berdasarkan hasil studi MIT Technology Review Insights (2022), peringkat Indonesia dalam hal pertahanan siber ada di urutan 20. Dia pun mengakui keamanan siber Indonesia perlu lebih ditingkatkan.

"Indonesia ada di nomor 20. Ini harus jadi perhatian kita semua sebagai negara dan bangsa, keamanan siber kita perlu peningkatan yang lebih," tuturnya.

Negara dengan pertahanan siber terkuat antara lain, Australia, Belanda, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Kanada. Lalu, ada juga Polandia, Inggris Raya, Perancis, Jepang, Swiss, Italia, China, Jerman, Spanyol, dan Arab Saudi.

Lima negara dengan pertahanan siber lemah antara lain Meksiko, India, Brasil, Turki, dan di urutan 20 ada Indonesia.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin