Nah Lho! Google Batalkan Otomatis Langganan YouTube Premium Pakai VPN - detik

 

Nah Lho! Google Batalkan Otomatis Langganan YouTube Premium Pakai VPN

Jakarta 

-

Google beri tindakan tegas bagi pengguna yang ketahuan curang berlangganan YouTube Premium dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). Google secara sepihak akan membatalkan secara otomatis langganan tersebut.

Seperti diketahui YouTube Premium adalah layanan berlangganan yang menawarkan konten bebas iklan serta memiliki fitur-fitur eksklusif yang tidak ada di YouTube reguler.

Google pun menetapkan harga langganan yang berbeda-beda di masing-masing negara karena berdasarkan kondisi ekonomi serta daya minat pengguna di negara tersebut.

Banyak pengguna rupanya mencoba mencari cara untuk mendapatkan harga lebih murah dengan menggunakan VPN untuk menyembunyikan lokasi asli mereka, pengguna dapat melewati pembatasan regional ini dan berlangganan dengan harga yang jauh lebih murah.

Mereka akan berpura-pura menjadi warga negara seperti Kroasia, Yunani, dan Ukraina yang diketahui negara-negara tersebut memiliki harga paket langganan YouTube Premium murah.

Langkah Google ini pun sudah dirasakan beberapa pengguna, mereka mengungkapkannya di forum Reddit, banyak keluhan pengguna yang berlangganan YouTube Premium dengan menggunakan VPN tiba-tiba dibatalkan.

Mereka juga mengatakan bahwa Google memberitahu mereka pembatalan tersebut disebabkan karena perubahan lokasi. Selain itu, mereka juga diberitahu bahwa mereka perlu berlangganan kembali menggunakan metode pembayaran dan alamat lokal untuk mengakses harga yang sesuai untuk wilayah mereka.

Perlu dicatat bahwa tindakan keras ini tidak hanya terbatas di Ukraina. Pengguna dari berbagai negara yang telah menggunakan VPN untuk mengakses langganan YouTube Premium yang lebih murah juga telah melaporkan pembatalan.

Hal ini menunjukkan upaya yang lebih luas dari Google untuk memastikan harga yang adil di berbagai pasar dan mencegah pengguna mengeksploitasi perbedaan harga regional sebagaimana dilansir detiKINET dari PhonaArena, Jumat (21/6/2024).

Bagi mereka yang terkena dampak pembatalan ini, pilihannya terbatas. Mereka dapat berlangganan kembali dengan menggunakan lokasi dan detail pembayaran yang sebenarnya, yang kemungkinan besar akan menghasilkan biaya bulanan yang lebih tinggi, atau mengeksplorasi solusi pemblokiran iklan alternatif yang juga bertentangan dengan persyaratan layanan YouTube.

Simak Video "Google Bakal Hapus Riwayat Lokasi Pengguna di Google Maps"



(jsn/fay)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin