4 Tools AI Multifungsi Terpopuler di 2024, Ada yang Dapat 25 Miliar Kunjungan Setiap Bulan - inews

 

4 Tools AI Multifungsi Terpopuler di 2024, Ada yang Dapat 25 Miliar Kunjungan Setiap Bulan - Bagian All

JAKARTA, iNews.id - Teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) menjadi alat (tools) yang sangat berharga dalam dunia bisnis membantu dalam efisiensi dan interaksi dengan pelanggan. Memahami tools AI diyakini dapat meningkatkan kinerja tim serta membuat keputusan lebih baik untuk bisnis.

Tools AI biasanya digunakan untuk mendukung berbagai fungsi bisnis, seperti pembuatan teks, pembuatan gambar, text-to-speech, dan integrasi berbagai alat untuk mempermudah alur kerja.

Dalam studinya, RevoU mengumpulkan tools AI multifungsi terpopuler pada 2024 untuk memberikan gambaran komprehensif tentang landscape tools AI saat ini.

"Untuk menentukan tools AI multifungsi paling populer di 2024, kami mengumpulkan data dari berbagai sumber, kemudian mengurutkannya berdasarkan jumlah pengunjung website bulanan menggunakan kelengkapan fitur yang dimiliki, berdasarkan informasi dari situs resmi masing-masing tools AI multifungsi," tulis RevoU dalam keterangan persnya dilansir Minggu (14/7/2024).

Tools AI multifungsi terpopuler mendatangkan lebih dari 25 miliar rata-rata kunjungan setiap bulan. Di mana sekitar 84,8 persen (22 miliar) traffic-nya berasal dari sumber langsung (direct). Artinya pengguna langsung mencari nama dari toolsnya di browser. Ini membuktikan pengguna telah mengenal brand tools AI dan mengaksesnya secara langsung.

Berdasarkan data yang dikumpulkan pada Juli 2024, berikut empat tools AI multifungsi terpopuler pada 2024

1. Chat GPT

Meskipun baru dirilis pada November 2022, ChatGPT berhasil mendapatkan 100 juta pengguna dalam 2 bulan dan kini memimpin dengan 25 miliar kunjungan bulanan (96,5 persen). Ini menjadikan ChatGPT menjadi tools AI multifungsi paling populer.

Kabarnya OpenAI akan merilis GPT-5 pada akhir 2024 atau awal 2025. Ini berarti selalu ada versi terbaru dari ChatGPT setiap tahun

2. Gemini 

Gemini menunjukkan popularitasnya dengan 419 juta (1,6 persen) dan 277 juta (1 persen) kunjungan setiap bulan. Saat ini, Google memperluas akses Gemini ke beberapa produk, seperti Google Messages, Google Workspace, Gmail, hingga iOS 18.

3. Character AI 

Character AI baru saja meluncurkan fitur Two-Way Avatar Conversation di aplikasi mobile bernama Character Calls. Fitur ini memungkinkan pengguna bercakap-cakap dengan karakter buatannya melalui telepon layaknya menelepon teman. Character AI tercatat mendapatkan 277,2 juta kunjungan setiap bulan.

4. Claude AI 

Baru dirilis pada Maret 2023, Claude AI sudah menduduki peringkat keempat tools AI multifungsi terpopuler dengan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 65 juta.

Menurut Anthropic, Claude 3.5 (Sonnet) telah menetapkan tolok ukur baru pada graduate-level reasoning (GPQA), undergraduate-level knowledge (MMLU), dan coding proficiency (HumanEval), serta memiliki performa yang lebih baik dibandingkan GPT-4 dan tools AI multifungsi lainnya.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)