Aplikasi Pengganti TikTok Makin Ganas Jelang Pemblokiran di AS - CNBC Indonesia

 

Aplikasi Pengganti TikTok Makin Ganas Jelang Pemblokiran di AS

Jakarta, CNBC Indonesia - YouTube menambah serangkaian fitur baru untuk YouTube Shorts, beberapa di antaranya sudah tersedia bagi pengguna.

Adapun fitur yang sudah tersedia seperti narasi video text-to-speech, yang memungkinkan pengguna menambahkan opsi suara buatan. Di TikTok, fitur tersebut sudah ada lebih dulu dan banyak digunakan pengguna untuk mengubah suara mirip robot.

Proses untuk menambahkan suara di YouTube Shorts sebenarnya sangat mirip dengan TikTok, yakni setelah membuat teks, Anda akan mengetuk ikon "tambahkan suara" baru. Kalau di Shorts, ikon fitur ini berada di sudut kiri atas layar, kemudian pilih suara yang Anda inginkan.

YouTube hanya menawarkan empat suara untuk dipilih saat ini, sedangkan TikTok memiliki lebih banyak.

Mengutip The Verge, YouTube juga meluncurkan teks otomatis yang dapat pengguna tambahkan ke video tanpa beralih ke aplikasi lain seperti CapCut. Seperti fitur teks manual YouTube Shorts yang sudah ada, Anda dapat mengubah gaya teks menggunakan pilihan fon dan warna.

Perusahaan ini juga telah menambahkan serangkaian efek Minecraft, latar belakang bertema permainan layar hijau dan minigame bernama Minecraft Rush.

Fitur-fitur baru ini merupakan cara YouTube mengikuti tren dikalangan platform video. YouTube secara rutin meniru fitur-fitur TikTok, seperti pratinjau video langsung di umpan Shorts.

Sementara itu, upaya YouTube untuk membuat Shorts mirip TikTok tampaknya membuahkan hasil, baik untuk YouTube maupun kreator konten.

Di saat bersamaan, TikTok tengah menghadapi teknanan ancaman pemblokiran di AS yang merupakan negara pasar terbesarnya. Jika pada akhirnya YouTube benar-benar diblokir, bukan tak mungkin pengguna sudah punya wadah penggantinya. Kita tunggu saja kelanjutannya.

Saksikan video di bawah ini:

Kasih Layanan Akses Gaji Instan ke Karyawan, Ini Cuan Bisnis Paywatch


(fab/fab)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)