Hot : Gangguan CrowdStrike Pengaruhi 8.5 Juta PC Windows Diseluruh Dunia | WinPoin

 

Hot : Gangguan CrowdStrike Pengaruhi 8.5 Juta PC Windows Diseluruh Dunia | WinPoin

Beberapa hari terakhir ini dunia sempat dihebohkan dengan banyaknya kasus perangkat Windows mengalami Blue screen of dead akibat pembaruan pada Falcon Sensor Agent dari CrowdStrike yang secara serentak mengakibatkan banyak proses dan pekerjaan menjadi tertunda, mulai dari penerbangan, pendidikan, bank dan lainnya.

Kekacauan ini menjadi salah satu kekacauan paling merugikan ditahun 2024 karena menurut Microsoft, setidaknya ada 8.5 Juta PC Windows yang terdampak diseluruh dunia.

Baca Juga : Hacker Ditengah Kekacauan CrowdStrike, Hati-Hati Dengan Malware dan Phising!

Mengenai hal tersebut, Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa masalah update CrowdStrike tersebut ternyata telah mempengaruhi setidaknya 8.5 juta PC Windows diseluruh dunia. Dan meskipun menurut mereka bahwa angka ini hanya kurang dari satu persen dari semua perangkat Windows, namun nyatanya ada banyak dampak ekonomi dan sosial yang luas.

Dan menurut situs web CrowdStrike, layanan ini melayani lebih dari 298 dari 500 perusahaan Fortune, 43 negara bagian AS, 6 dari 10 penyedia layanan kesehatan teratas, dan 8 dari 10 perusahaan jasa keuangan teratas.

Pemulihan Penuh Butuh Berminggu-minggu!

Salah satu hal yang cukup mengejutkan adalah memperbaiki 8.5 juta perangkat yang terkena dampak ini ternyata menjadi salah satu tugas yang besar dan bahkan kabarnya pemulihan ini mungkin butuh waktu beberapa minggu.

Dan untuk mempercepat pemulihan sistem ini, Microsoft bekerja sama erat dengan CrowdStrike dan vendor cloud terkemuka lainnya termasuk Amazon AWS dan Google Cloud untuk mengembangkan solusi yang dapat diskalakan yang akan membantu infrastruktur Azure milik Microsoft mempercepat perbaikan update CrowdStrike yang merusak tersebut.

Baca Juga : Microsoft Rilis Langkah Perbaikan BSOD CrowdStrike

Dikuti dari Microsoft (via Neowin), David Weston, Wakil Presiden Keamanan Perusahaan dan OS di Microsoft, menyatakan beberapa hal yang menjelaskan bagaimana mereka membantu pelanggan melalui kekacauan CrowdStrike ini :

Insiden ini menunjukkan sifat saling terhubung dari ekosistem kita yang luas – penyedia cloud global, platform perangkat lunak, vendor keamanan dan vendor perangkat lunak lainnya, serta pelanggan. Ini juga merupakan pengingat betapa pentingnya bagi kita semua di seluruh ekosistem teknologi untuk memprioritaskan pengoperasian dengan penerapan yang aman dan praktik pemulihan bencana menggunakan mekanisme yang ada.

Nah sementara langkah perbaikan telah diungkapkan CrowdStrike dan Microsoft, mari kita berharap bahwa semuanya mulai kembali dengan normal meskipun tentu itu membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Via : MicrosoftNeowin

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)