Ilmuwan kenalkan metode baru membuat batu bata di Bulan - tek id

 

Ilmuwan kenalkan metode baru membuat batu bata di Bulan

Oleh: Erlanmart - Minggu, 14 Jul 2024 17:39 WIB

Para ilmuwan telah mengembangkan teknik yang lebih cepat dan mudah bagi astronot untuk membuat batu bata konstruksi bangunan dari tanah Bulan.

Para ilmuwan telah mengembangkan teknik yang lebih cepat dan mudah bagi astronot untuk membuat batu bata konstruksi bangunan dari tanah Bulan. Rahasianya terletak pada memanaskan debu bulan tersebut, lalu memasukkannya ke dalam oven microwave kelas luar angkasa.

Jika kamu mengirim roket berawak ke Bulan, hal terakhir yang ingin dilakukan adalah membebani pesawat ruang angkasa itu dengan kantong semen yang besar dan berat. Artinya, jika para astronot berencana untuk tinggal di Bulan untuk sementara waktu, mereka perlu membangun semacam struktur di permukaannya.

Dilansir dari New Atlas (14/7), mengingat kesulitan tersebut, sejumlah kelompok sedang menjajaki metode berbeda yang dapat digunakan astronot untuk mengubah regolit (tanah lapisan atas Bulan) menjadi bahan bangunan. Khususnya dalam hal produksi batu bata, upaya di masa lalu telah melibatkan penggunaan peralatan seperti konsentrator surya dan laser bertenaga tinggi.

Alternatif lain adalah proses yang dikenal sebagai sintering gelombang mikro. Singkatnya, hal ini melibatkan pemaparan blok regolit lepas ke gelombang mikro frekuensi sangat tinggi. Partikel logam yang terbentuk secara alami di dalam regolit tersebut mengubah gelombang mikro menjadi energi termal (panas), menyebabkan keduanya menyatu. Hasilnya adalah blok material yang solid.

Keuntungan menggunakan sintering gelombang mikro untuk membuat batu bata Bulan mencakup fakta bahwa metode ini jauh lebih cepat dan lebih hemat energi dibandingkan metode lain yang diusulkan, ditambah lagi tidak memerlukan bahan tambahan apa pun. Sayangnya, percobaan yang dilakukan sejauh ini telah menghasilkan batu bata yang strukturnya terlalu cacat sehingga tidak dapat digunakan secara praktis.

Di sinilah variasi baru dalam teknik ini muncul. Teknik ini dikembangkan oleh Dr. Hyu-Soung Shin dan rekannya di Institut Teknik Sipil dan Teknologi Bangunan Korea.

Para ilmuwan memulai dengan menggunakan sintering gelombang mikro konvensional untuk menghasilkan batu bata padat dari simulasi regolit komersial yang disebut KLS-1. Karena fakta bahwa proses pemanasan tidak terjadi secara merata di seluruh material – seperti yang terjadi pada penelitian sebelumnya – batu bata tersebut memiliki retakan internal di sepanjang batas antara titik panas dan dingin setempat.

Setelah beberapa kali percobaan, ditemukan bahwa masalah ini dapat diatasi dengan terlebih dahulu memanaskan KLS-1 hingga 250 oC ºF) selama sekitar delapan jam dalam ruang hampa. Bahan tersebut kemudian ditempatkan dalam tungku sintering gelombang mikro multi-mode, yang disimpan pada suhu internal 1.080 °C selama 10 menit. Pada langkah terakhir, regolit dibiarkan dingin pada suhu ruangan selama kurang lebih 16 jam.

Batu bata yang dihasilkan tidak memiliki retakan, ditambah pengambilan sampel inti menunjukkan bahwa kepadatan, porositas, dan kuat tekan seragam di setiap batu bata.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)