Kamera AI Kontroversial Dikerahkan untuk Amankan Olimpiade Paris - detik

 

Kamera AI Kontroversial Dikerahkan untuk Amankan Olimpiade Paris

Jakarta 

-

Olimpiade Paris 2024 mulai digelar. Tentu saja aparat keamanan di Kota Paris bekerja keras agar pesta olahraga terbesar di dunia ini berjalan lancar. Salah satunya adalah dengan mengandalkan kamera kecerdasan buatan atau AI, meskipun dinilai kontroversial.

Selama Olimpiade, teknologi kamera ini akan digunakan untuk menganalisis tayangan langsung guna mengidentifikasi gerakan tertentu yang jika mencurigakan, akan mengirimkan peringatan kepada operator, yang kemudian dapat memutuskan mengambil tindakan.

Kamera pintar yang didukung algoritma akan digunakan untuk mendeteksi barang bawaan yang terlupakan, kepadatan penduduk, penyusupan, dan pergerakan massa. Nah, penggunaan kamera semacam ini ditakutkan mengganggu privasi orang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kementerian Dalam Negeri Prancis menjamin bahwa AI ini tidak akan dipakai untuk mengenali setiap individu, melainkan kejadian secara umum. "Teknologi ini akan memungkinkan kami mengidentifikasi kemungkinan muncul masalah dan mengirimkan patroli untuk melihat apa yang terjadi," kata mereka.

Mathieu Zagrodzki, pakar keamanan di Universitas Versailles, mengatakan kamera AI di Paris akan dibatasi di lokasi Olimpiade dan tidak akan digunakan di area lain secara umum. Dia mengatakan kamera tersebut akan melacak pergerakan massa, barang bawaan yang mencurigakan, dan pola aktivitas yang tidak biasa alias mencurigakan.

"Jika misalnya, ada antrean yang bergerak ke satu arah dan ada orang yang bergerak ke arah yang berlawanan. Atau mungkin ada orang yang maju dan mundur. Atau berdiri di satu lokasi untuk beberapa lama," kata Zagrodzki, yang juga bertindak sebagai konsultan untuk polisi Prancis.

"Demikian pula jika terjadi perkelahian atau semacamnya, itu akan menghasilkan alarm yang akan menarik perhatian siapa pun yang mengoperasikan salah satu kamera AI tersebut sehingga mereka dapat menilai signifikansinya," imbuhnya, dikutip detikINET dari USA Today.

Simak Video "Intip Kampung Olimpiade Paris 2024"



(fyk/fay)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)