Microsoft Perkenalkan Checkpoin Cumulative Updates | WinPoin

 

Microsoft Perkenalkan Checkpoin Cumulative Updates | WinPoin

Seperti yang telah kita tahu, melalui rilis Windows 11 Insider Dev Build 26120.1252, Microsoft memperkenalkan sebuah mekanisme pengiriman update baru yang mereka sebut dengan checkpoint cumulative updates, lalu apa itu?

Secara umum, checkpoint cumulative update adalah peningkatan terkait windows updates yang dibuat Microsoft serupa dengan apa yang dilakukan IT Admin untuk meluncurkan update dan fitur baru pada sistem yang terkontrol, nah ide dibalik hal ini adalah agar file download windows update menjadi lebih kecil.

Selain itu, dalam posting blog terpisah di situs web komunitas Teknologi Microsoft, Maliha Qureshi, Pemimpin Manajer Program Utama di perusahaan, telah menjelaskan apa itu dan bagaimana cara kerjanya. Qureshi menulis:

Dengan Windows 11, versi 24H2, kami memperkenalkan konsep baru checkpoint cumulative update. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan fitur dan peningkatan keamanan melalui pembaruan kumulatif terbaru melalui diferensial inkremental yang lebih kecil yang hanya berisi perubahan sejak checkpoint cumulative update sebelumnya. Ini berarti pengguna dapat menghemat waktu, band-width dan ruang hard drive.

Kedepannya, Microsoft mungkin akan secara berkala merilis checkpoint cumulative update, dimana komponen update tersebut nantinya akan terdiri dari:

  • File paket update terkait dengan checkpoints
  • File paket update yang berisi differential binary terhadap versi binary di checkpoint terakhir.

Proses ini dapat diulang beberapa kali sehingga menghasilkan beberapa checkpoint dalam rilis windows tertentu.

Selain itu, Microsoft juga menjelaskan bahwa Windows 11 24H2 akan memiliki cara baru untuk memberikan update fitur sehingga perbedaan biner dalam pembaruan kumulatif berikutnya hanya dihasilkan untuk checkpoint terbaru alih-alih versi RTM (rilis to manufacture) yang telah terjadi sejauh ini sejak rilis Windows 11 versi 21H2.

Nah perubahan ini juga berlaku untuk pengguna yang selalu menginstall update manual via update catalog, dimana nanti, file updates akan berisi lebih dari satu paket yang harus diunduh pengguna setiap kali ada update baru yang tersedia.

Informasi mengenai hal ini dapat kamu cek pada halaman berikut

Nah jadi, kedepannya di Windows 11 update selanjutnya, ukuran update akan lebih kecil tetapi mungkin akan beragam, namun mari kita lihat nanti karena saat ini checkpoint cumulative update masih dalam pengujian, apakah update akan tetap sama atau ada justru ada perubahan pada ukuran, jumlah files atau ada siklus rilis berbeda seperti biasa.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys dan berikan pendapatmu.

Via : MicrosoftNeowin

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)