Oppo-Vivo Kalah, Ini Merek HP China Paling Laku di Dunia - CNBC Indonesia

 

Oppo-Vivo Kalah, Ini Merek HP China Paling Laku di Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar smartphone global perlahan mengalami pemulihan setelah beberapa tahun merosot. Survei dari lembaga riset Counterpoint menunjukkan pertumbuhan tahun ke tahun (Year-on-Year/YoY) sebesar 6 persen pada kuartal kedua (Q2) 2024.

Pertumbuhan positif ini merupakan yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir, demikian dikutip dari laporan Counterpoint, Selasa (23/7/2024).

Laporan bertajuk Smartphone 360 Monthly Tracker terbaru dari Counterpoint menunjukkan bahwa kenaikan saat ini didorong oleh membaiknya sentimen konsumen serta faktor makroekonomi.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa pasar Eropa dan Amerika Latin mengalami pertumbuhan tercepat pada Q2 2024, keduanya mencapai dua digit. Angka pertumbuhan tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas pembelian di wilayah tersebut di atas tingkat pada tahun 2023.

Menurut Direktur Riset Counterpoint Tarun Pathak, pertumbuhan penjualan ponsel pintar selama tiga kuartal terakhir merupakan perkembangan yang disambut baik di industri smartphone setelah mengalami titik terendah dalam satu dekade pada tahun 2023.

"Tetapi pasar dengan cepat pulih berkat membaiknya sentimen konsumen dan posisi inventaris," ujar Pathak.

Dalam laporannya, Counterpoint juga menetapkan lima vendor smartphone terbesar di dunia pada Q2 2024. Daftarnya masih sama seperti kuartal sebelumnya, di mana Samsung menempati posisi teratas.

Posisi Samsung dibantu oleh penjualan yang kuat dari seri Galaxy S24, dan pembaruan dari seri Galaxy A sebagai ponsel populer di kelas entry-level.

Di tempat kedua ada Apple, yang sementara penjualan globalnya tetap datar tetapi mencatat pertumbuhan YoY yang kuat di Eropa dan Amerika Latin. Meningkatnya penjualan di dua wilayah mengkompensasi rendahnya tingkat penjualan di AS dan kerugian saham di China menyusul kebangkitan Huawei.

Lalu Xiaomi berada di peringkat ketiga, dengan menjadi vendor yang pertumbuhannya paling pesat dibanding merek lainnya. Persentase pertumbuhannya sampai 22 persen, didorong Redmi 13 dan Note 13 series yang populer serta model lainnya.

Sementara Vivo berada di belakang Xiaomi di peringkat keempat. Meski demikian, Counterpoint menyebutkan bahwa Vivo memimpin dua pasar smartphone terbesar dunia, yakni China dan India. Pertumbuhan Vivo sendiri pada Q2 20224 mencapai 9 persen.

Di peringkat terakhir dalam daftar 5 merek smartphone terbesar dunia ditempati Oppo. Pertumbuhan Oppo bahkan anjlok 16 persen dibanding Q2 2023.

Counterpoint mencatat, Oppo berfokus pada peningkatan profitabilitas, termasuk dengan meluncurkan lebih banyak perangkat pada kisaran harga menengah hingga lebih tinggi, untuk menyelaraskan strateginya dengan segmen premium.

Berikut daftar market share lima vendor smartphone terbesar dunia Q2 2024:

  • Samsung - 20 persen
  • Apple - 16 persen
  • Xiaomi - 14 persen
  • Vivo - 8 persen
  • Oppo - 8 persen

(dem/dem)

Saksikan video di bawah ini:

Jurus Pemain Internet Lokal Hadapi Persaingan Bisnis & Operator Ilegal

Next Article Cek Raja HP RI Terbaru, Oppo-Xiaomi Lewat Apalagi iPhone 

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)