Patch Tuesday Bulan Juli 2024 Bawa Bug, Sistem Pengguna Terkunci BitLocker | WinPoin

 

Patch Tuesday Bulan Juli 2024 Bawa Bug, Sistem Pengguna Terkunci BitLocker | WinPoin

Pada awal perilisan Cumulative Update Juli 2024 Untuk Windows 11, Microsoft tidak mengumumkan known issues apapun terkait update ini meskipun ada cukup banyak pengguna mengeluhkan adanya border pada bagian File Explorer yang akhirnya diklarifikasi bukanlah sebuh bug.

Namun kawan kawan, tahukah kamu ternyata sejumlah pengguna yang telah merilis update tersebut dan telah menggunakan build 22631.3880 dan 22621.3880 tampaknya mendapati masalah baru yang cukup merepotkan dimana ketika proses boot, sistem akan masuk ke halaman BitLocker recovery screen alih alih masuk ke sistem operasi.

Menurut pernyataan dari Microsoft, update KB5040442 memiliki masalah yang menyebabkan perangkat menampilkan BitLocker recovery screen saat proses booting. Biasanya, jika ini terjadi, hal ini terkait dengan masalah yang disebabkan oleh TPM (Trusted Platform Module) sistem, tetapi dalam kasus ini ini adalah masalah dengan update tersebut.

Sistem Yang Terkena Masalah

Perlu diketahui, masalah ini tidak hanya memengaruhi Windows 11 23H2 dan 22H2, tetapi juga versi 21H2, Windows 10 22H2, dan 21H2. Dan bahkan ini juga dapat terjadi pada Windows Server 2022, 2019, dan versi yang lebih lama.

Solusi Jika Kamu Stuck di BitLocker Recovery Screen

Nah bagi kamu yang telah login dengan akun Microsoft kamu, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

Langkah 1. Pertama masuk ke halaman https://account.microsoft.com/

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu navigasi ke Devices > pilih perangkat yang terkena masalah > klik See details.

Langkah 3. Pada bagian Bitlocker data protection, silahkan klik Manage recovery keys.

Setelah itu, pada halaman yang akan tampil akan muncul recovery key dari BitLocker yang dapat kamu gunakan untuk membuka sistem yang terkunci tersebut.

Jika kamu tidak memiliki akses ke akun Microsoft?, kamu tentu terkena masalah besar karena solusi yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan Bitlocker recovery key yang kamu simpan dalam drive lain seperti USB atau HDD atau media lainnya, jika tidak. Silahkan kamu ucapkan selamat tinggal pada data yang kamu miliki.


Perlu diingat bahwa masalah ini hanya akan terjadi bagi pengguna yang telah mengaktifkan bitlocker Device Encryption, jika tidak maka kecil kemungkinan kamu akan terkena masalah ini. Selain itu perlu diingat kembali bahwa mulai Windows 11 24H2 Microsoft mulai mengaktifkan Device Encryption Secara Default.

Oh iya, masalah ini juga telah dikonfirmasi Microsoft pada halaman Windows Health Dashboard berikut, pastikan kamu cek untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)