Polri Gandeng BSSN dalam Tes Akpol, Pastikan Soal CAT Bebas Malware - inews

 

Polri Gandeng BSSN dalam Tes Akpol, Pastikan Soal CAT Bebas Malware

JAKARTA, iNews.id - Polri berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memastikan kelancaran dan keamanan Tes Akademik dan Asesmen Mental Ideologi dalam Seleksi Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) 2024. Upaya ini dilakukan demi mewujudkan seleksi yang transparan serta soal Computer Assisted Testing (CAT) bebas dari malware dan peretasan.

Sejak Minggu (14/7/2024) pagi, para calon Taruna dan Taruni Akpol mengikuti tes di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Saleh, Pengawas dari BSSN, menegaskan bahwa CAT Akademik berlangsung aman tanpa kendala berarti.

"Kami fokus memastikan keamanan jaringan, bebas dari malware dan file berbahaya, serta aplikasi remote control yang tidak semestinya," kata Saleh di lokasi tes.

Sebelum tes dimulai, para pengawas memastikan kotak penyimpanan soal masih tersegel dan server komputer terbebas dari peretasan dan malware.

Pengawas Eksternal dari LSM Kelompok Pelayanan Sosial Bastian Bagus Laksono menuturkan bahwa indikasi kecurangan diminimalissasi dengan sistem tiga kunci pada kotak soal.

"Satu kunci dipegang pengawas eksternal, satu dipegang pihak internal, dan satu lagi dipegang sekretariat. Sistem ini meminimalisir kemungkinan kecurangan," ujar Bastian.

Kerja sama Polri dengan BSSN dan pengawas eksternal merupakan bukti komitmen untuk mewujudkan seleksi Akpol yang transparan dan akuntabel. Hal ini diharapkan dapat menjaring calon-calon terbaik untuk menjadi anggota Polri yang berintegritas dan profesional.

Bagi orang tua yang ingin memantau anaknya mengerjakan tes, disediakan tempat di lantai 3 Gedung TVKU. Di sana, mereka dapat melihat proses tes melalui CCTV yang disediakan.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)