Soroti Industri Penyiaran Indonesia, Mastel: Tidak Kondusif - Selular id

 

Soroti Industri Penyiaran Indonesia, Mastel: Tidak Kondusif

JAKARTA, SELULAR.ID – Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menyoroti kondisi industri penyiaran di Indonesia yang semakin tidak kondusif.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema “Masa Depan Penyiaran Pasca ASO & Dirupsi Digital”, Mastel membahas tantangan yang dihadapi industri penyiaran, terutama televisi, akibat pandemi Covid-19 dan penerapan Analog Switch Off (ASO).

Ketua Penyiaran Digibroadcast dan Media Mastel, Neil R Tobing, mengungkapkan bahwa penurunan penetrasi dan indeks belanja iklan televisi menjadi indikator utama masalah ini.

“Indeks belanja iklan televisi mencapai puncaknya pada 2019, namun akibat Covid terjadi kontraksi,” ujar Neil R Tobing.

“Kemudian ASO yang mungkin timing-nya kurang tepat membuat industri ini terjerumus lebih dalam,” sambungnya.

TONTON JUGA:

Dalam FGD tersebut, Ketua Penyiaran Digibroadcast dan Media Mastel, Neil R. Tobing mengatakan, pihaknya saat ini menjadikan masalah kondusifitas dunia penyiaran tersebut sebagai salah satu fokus utama dari 10 program strategis yang mereka susun.

Baca juga: Ramai Kritik Revisi UU Penyiaran, Ini 10 Hak Asasi Manusia di Internet

“Jadi hari ini kepengurusan Mastel, untuk tiga tahun ke depan sudah dilantik,” ungkap Neil.

“Salah satu fokus dari 10 program strategis Mastel itu adalah bagaimana menciptakan kondusifitas terutama lingkungan yang baik kepada industri penyiaran agar tetap bisa bersaing, dan tentunya agar kita bisa hidup sepuluh, dua puluh, tiga puluh tahun ke depan,” lanjutnya.

Salah satu media penyiaran yang menurutnya sudah mulai tidak kondusif eksistensinya yakni adalah media televisi.

Salah satu pemicunya yakni pandemi Covid-19 yang sempat melanda beberapa waktu lalu, dan ditambah dengan penerapan Analogue switch-off (ASO) yang timingnya dinilai kurang tepat.

“Karena disrupsi digital yang luar biasa, di era revolusi 4.0, memang keberadaan televisi kalau kita lihat dari berbagai riset memang dari sisi penetrasi menurun. Apalagi dari sisi indeks,” ujarnya.

“Indeks dari televisi belanja iklan itu mencapai puncaknya 2019, akibat Covid terjadi kontraksi.”

“Kemudian ASO yang mungkin timing-nya kurang tepat membuat industri ini terjerumus lebih dalam,” sambungnya.

Karena itu, Neil berharap, melalui FGD yang diselenggarakan Mastel kali ini bisa melahirkan sejumlah solusi, salah satu yang terpenting agar industri penyiarang bisa mulai mengidentifikasi sederet tantangan yang ada di depan mata.

“Nah diskusi hari ini adalah untuk mencari solusi, tentunya pertama mengidentifikasi tantangan-tantangan, masalah-masalah apa yang dihadapi oleh industri penyiaran, baik dari sisi regulasi maupun dari sisi bisnis modal,” bebernya.

“Dan kemudian yang kedua, tujuannya adalah mencari solusi-solusi yang kreatif, di era digital seperti sekarang ini, agar industri penyiaran mungkin memiliki bisnis model baru. Industri penyiaran bisa beradaptasi dengan kondisi envorinment dengan kompetisi yang sangat tepat. Karena kita bukan hanya bersaing dengan televisi, tapi juga bersaing dengan media baru, media sosial, dan seterusnya. Jadi itu yang menjadi tujuan FGD hari ini,” lanjutnya.

Nantinya, kata Neil, sejumlah ide solusi, masukan dan kesimpulan dari hasil FGD tersebut akan disampaikan langsung ke Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi serta Komisi I DPR RI, untuk menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan Program Legislasi Nasional dan RUU Penyiaran.

Baca juga: Revisi UU Penyiaran Tuai Kritik, Wamenkominfo Nezar Patria Berkomentar

“Outputnya nanti akan kita sampaikan dengan pak menteri Kominfo dan juga kepada Komisi 1, untuk menjadi masukan-masukan,” ujar Neil.

“Karena kita ketahui bersama sekarang ini ada Prolegnas, RUU Penyiaran, diharapkan solusi, masukan, aspirasi dari hasil diskusi FGD pada hari ini bisa menjadi bahan bagi mereka untuk menyusun rancangan undang-undang penyiaran yang mungkin lebih baik,” tandasnya.

SIMAK JUGA:

Ikuti berita Selular.id di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin