Winget Bisa Digunakan Download Aplikasi Dari Microsoft Store | WinPoin

 

Winget Bisa Digunakan Download Aplikasi Dari Microsoft Store | WinPoin

Kemarin Microsoft merilis pengumuman yang mengungkapkan bahwa Winget atau Windows Package Manager versi 1.8 yang dirilis beberapa minggu lalu kini telah mendapatkan dukungan untuk melakukan downloading aplikasi dari Microsoft Store.

Nah dengan dukungan ini, pengguna tentunya dapat menyimpan file aplikasi tersebut secara offline untuk kemudian dibagikan dan diinstall kemudian hari tanpa harus ada koneksi internet.

Bagi kamu yang belum tahu, umumnya, instalasi dengan Winget ini hanya dapat kamu lakukan secara online dan mengandalkan sumber dari Microsoft Store, misalnya memasukan perintah winget install powertoys untuk menginstall PowerToys.

Namun dalam beberapa bulan kebelakang ini, Winget terus dikembangkan, bahkan selain dapat melakukan instalasi, update dan uninstall, Winget juga dapat melakukan Instalasi Dari File Arsip ZIP.

Fitur Khusus Pengguna Entra ID

Tetapi jangan senang dulu guys, karena fitur ini tampaknya merupakan fitur yang ditujukan bagi professional IT yang menggunakan akun Microsoft Entra ID. sebagai contoh, jika kamu adalah pengguna akun Microsoft Entra ID, kamu dapat mendownload aplikasi Calculator dari Microsoft Store dengan menggunakan perintah berikut: winget download Calculator -s msstore.

Setelah aplikasi Calculator.appx kamu miliki, kamu dapat memasukan perintah Add-AppxPackage -Path Calculator.appx dan tekan enter di Terminal atau Command Prompt untuk memulai instalasi via Winget secara offline.

Nah tujuan dari dihadirkannya fitur ini adalah untuk menggantikan fitur Enterprise Offline yang ada dari Microsoft Store for Business, sehingga tentu ini adalah fitur yang dikhususkan bagi perusahaan saja.

Dengan itu, jika kamu adalah seorang professional dibidang IT dan berencana untuk mendistribusikan suatu aplikasi dari Microsoft Store, kini kamu dapat memanfaatkan opsi ini untuk mendapatkan file installer aplikasi secara offline.

Informasi lebih lanjut mengenai Winget dapat kamu cek pada halaman Microsoft berikut

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)