Cegah Penipuan Nasabah, OJK Buka-bukaan Cara Kerja Anti Scam Center - IDX Channel

 

Cegah Penipuan Nasabah, OJK Buka-bukaan Cara Kerja Anti Scam Center

Anti scam center ini sebenarnya bukan sesuatu hal baru sebab negara lain sudah ada yang punya seperti di Singapura.

Cegah Penipuan Nasabah, OJK Buka-bukaan Cara Kerja Anti Scam Center (FOTO:MNC Media)

Cegah Penipuan Nasabah, OJK Buka-bukaan Cara Kerja Anti Scam Center (FOTO:MNC Media)


IDXChannel - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini sedang memproses pembentukan tim anti scam center untuk menghindari penipuan nasabah secara online.

OJK pun mengaku masih menyusun formula untuk pembentukan tim tersebut. "Pas kemarin kita sampaikan untuk membuat anti scam center dan semuanya sangat excited. Semuanya langsung sepakat bahwa memang harus dilakukan kolaborasi untuk membuat anti scam center ini, " kata Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi dalam acara Media Briefing Jurnalis yang digelar di Parapat, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Jumat malam (9/8/2024). 

Dia menuturkan, anti scam center ini sebenarnya bukan sesuatu hal baru sebab negara lain sudah ada yang punya seperti di Singapura.

Dengan adanya anti scam center ini, lanjut dia, harapannya ketika masyarakat sadar bahwa uangnya sudah hilang langsung menelepon tim satgas anti scam center asalkan waktunya cepat.

"Kadang-kadang orang kalau uangnya hilang, tidak sadar ya. Ada juga yang seminggu baru sadar. Nah itu sudah susah dikejar ya. Tetapi kalau cepat, harapannya pelaku bisa dikejar karena bank-bank ini akan duduk bersama di satu lokasi ya," tuturnya.

Dia pun mencontohkan, ketika korban sadar uang di bank A hilang dan larinya ke bank B maka bank B harus cepat di-block.

"Kalau bank B sudah masuk ke bank C, ayo langsung di-block. Dan di sini harapannya bisa dikejar tadi uang yang sudah terlanjur keluar dari rekening orang yang kena tipu," tuturnya.

OJK juga akan mewajibkan semua bank untuk bergabung dalam tim anti scam center demi memastikan perlindungan masyarakat terhadap modus kejahatan yang menggunakan rekening bank.

Ke depan, kata Kiki sapaan akrabnya, tidak hanya perbankan saja yang ikut kolaborasi melainkan sistem pembayaran lain seperti marketplace juga bersama-sama membentuk tim anti scam center ini.

"Makanya ini butuh waktu ya untuk kita bisa menuju ke sana, dan kita target soft launching di bulan ini. Tetapi soft launching ini kita ingin running smooth dulu, baru kita akan big launching," katanya.

(Kunthi Fahmar Sandy)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)