Fasilitasi Sertifikasi Mahasiswa, Kominfo-Google Luncurkan GCC Launchpad - Warta Ekonomi

 

Fasilitasi Sertifikasi Mahasiswa, Kominfo-Google Luncurkan GCC Launchpad

Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Google Cloud memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan pelatihan dan sertifikasi keterampilan berbasis cloud.

Wamenkominfo Nezar Patria menyatakan, lewat Google Cloud Career (GCC) Launchpad, mahasiswa dari 21 perguruan tinggi di Indonesia dapat menjadi tenaga tingkat pemula yang ahli dalam keterampilan dalam AI generatif, analisis data, keamanan siber, dan teknik cloud.

“Sebuah inisiatif yang memungkinkan mahasiswa di institusi pendidikan tinggi memperoleh kredensial keterampilan Google Cloud yang diakui secara nasional tanpa biaya, membuka pintu bagi pekerjaan di bidang AI, analisis data, keamanan siber, dan cloud engineering,” ungkapnya di Jakarta Pusat, Kamis (15/08/2024).

Menurut Wamen Nezar Patria, keberadaan talenta digital terutama tenaga kerja cloud yang terampil diperlukan untuk mempercepat transformasi digital nasional.

Baca Juga: Pemerintah Klaim Banyak Perusahaan Asing Ingin Listrik Hijau, Google sampai Amazon

“Pembelajaran cloud ini akan membekali mahasiswa yang baru memasuki industri dengan keterampilan cloud praktis dan sesuai kebutuhan industri dan pasar kerja berbasis teknologi saat ini,” tuturnya.

Wamenkominfo mengapresiasi kerja sama untuk mencetak tenaga kerja cloud yang terampil. Menurutnya, hal itu sejalan dengan Visi Indonesia Digital (VID) 2024 yang menjadi strategi untuk memperkuat ekosistem digital nasional. 

“Sebagai permulaan, inisiatif ini bertujuan untuk memberikan manfaat kepada 8.500 mahasiswa selama 12 bulan ke depan, dengan rencana perluasan untuk menjangkau lebih banyak mahasiswa baik di wilayah metropolitan maupun non-metropolitan,” jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)