Microsoft Merinci Fitur dan Kegunaan BitLocker di Windows 10 dan Windows 11 | WinPoin

 

Microsoft Merinci Fitur dan Kegunaan BitLocker di Windows 10 dan Windows 11 | WinPoin

Beberapa waktu lalu Microsoft membuat ikhtisiar baru mengenai enkripsi BitLocker pada Windows 10 dan Windows 11 melalui halaman resmi mereka, didalamnya tentu berisi sejumlah pengumuman dan deskripsi penting karena di instalasi baru nanti, secara otomatis perangkat akan di enkripsi menggunakan BitLocker demi keamanan maksimal.

Baca Juga :

Menurut video yang dibagikan Microsoft, modul TPM diperlukan untuk fitur ini dimana kata sandi numerik 48 digit akan disimpan di sana. Selain itu ketika pengguna menginstal Windows dengan akun Microsoft, Recovery Key BitLocker akan secara otomatis disimpan di akun tersebut, sementara untuk instalasi akun lokal, key / kunci harus dicadangkan secara manual melalui Control Panel > Bitlocker Drive Encryption.

Kenapa kunci ini sangat penting?, karena perlu diingat bahwa tanpa kunci ini pengguna tidak akan bisa mengakses data yang ada di disk. Contohnya kasus seperti sebelumnya dimana Patch Tuesday Bulan Juli 2024 Bawa Bug, Sistem Pengguna Terkunci BitLocker sehingga pengguna yang tidak memiliki kunci tersebut akan stuck tidak dapat mengakses sistem dan datanya tanpa ada solusi yang bisa pengguna coba.

Jika kamu tidak suka, kamu yang telah melakukan clean install Windows 11 24H2 atau yang lebih baru tanpa modifikasi apapun, dapat menonaktifkan Device Encryption dari Settings > Privacy & Security > Device encryption.

Perlu Diketahui, Ada Dua Jenis BitLocker di Windows !

Nah bagi kamu yang belum tahu, perlu diingat bahwa BitLocker menawarkan dua jenis enkripsi. Yaitu Device encryption (yang mulai hadir secara default di Windows 11 24h2 atau yang lebih baru) dan enkripsi drive (yang dapat kamu kunci pada masing masing drive secara manual).

Baca Juga : Cara Mengaktifkan BitLocker di Windows 11

Intinya, BitLocker ini adalah salah satu fitur keamanan penting yang tentunya akan bermanfaat bagi pengguna, terutama jika perangkat mereka memiliki segudang data rahasia yang tidak boleh tersebar ke sembarangan orang. Namun perlu diingat adalah jika pengguna lupa kuncinya, maka tidak hampir tidak ada solusi untuk membuka kunci tersebut.

Apakah kamu suka dengan BitLocker ini? dan apakah kamu pernah mendapati pengalaman buruk dengannya? coba komen dibawah guys.

Via : Microsoft

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)