Pembangunan Pusat Data Nasional Cikarang Tetap Berjalan Meski Terdampak Serangan Ransomware | TINTAHIJAU

 

Pembangunan Pusat Data Nasional Cikarang Tetap Berjalan Meski Terdampak Serangan Ransomware | TINTAHIJAU

JAKARTA, TINTAHIJAU.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberikan penjelasan terkait perkembangan pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang, Bekasi, yang sempat terdampak oleh serangan ransomware pada PDN Sementara 2 di Surabaya. Meskipun terkena dampak, proses pembangunan PDN Cikarang terus mengalami perkembangan yang signifikan.

Pada 20 Juni lalu, sistem PDN Sementara 2 yang digunakan oleh 282 instansi pusat dan daerah mengalami kelumpuhan akibat serangan ransomware. Namun, hingga kini, 90 persen layanan publik yang sempat terganggu telah berhasil pulih.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Hokky Situngkir, menyatakan bahwa insiden ini memberikan banyak pelajaran berharga yang digunakan untuk memperbaiki proses pengembangan PDN. Meskipun terdapat hambatan, pembangunan PDN Cikarang tetap berjalan sesuai rencana.

“Harus diakui berbagai macam lessons yang kita pelajari dari insiden PDN [Sementara 2] itu mempengaruhi di mana kita memperbaiki proses pengembangan [PDN] dan segala macamnya,” ujar Hokky Situngkir di kantornya, Jakarta, Jumat (9/8).

Meskipun serangan ransomware sempat mengganggu operasional PDN Sementara 2, Hokky memastikan bahwa proyek PDN Cikarang tidak terhenti dan masih berjalan. Namun, mengenai peresmian PDN Cikarang, Hokky menyatakan bahwa keputusan tersebut berada di tangan otoritas yang lebih tinggi.

Pembangunan PDN Cikarang sendiri telah mencapai lebih dari 70 persen untuk infrastruktur dan lebih dari 80 persen dalam hal desain. Hokky juga menyebutkan bahwa PDN Cikarang kemungkinan baru akan aktif pada awal tahun depan.

Selain itu, evaluasi terus dilakukan, terutama terkait keamanan dan prosedur pencadangan data. Kominfo juga akan melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memastikan keamanan sistem PDN Cikarang.

Dengan perkembangan ini, diharapkan PDN Cikarang dapat segera dioperasikan sesuai rencana dan mampu memberikan layanan yang lebih baik serta aman bagi seluruh instansi pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)