Sidang Tahunan MPR 2024, Bamsoet Usulkan TNI Tambah Matra Angkatan Siber - Beritasatu

  

Sidang Tahunan MPR 2024, Bamsoet Usulkan TNI Tambah Matra Angkatan Siber

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo atau biasa disapa Bamsoet mengusulkan TNI menambahkan satu matra lagi untuk memperkuat TNI dalam menghadapi tantangan, khususnya keamanan siber. Hal itu disampaikan Bamsoet saat menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR 2024 di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

ADVERTISEMENT

"Untuk itu, sudah saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra ke-IV Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan menghadirkan Angkatan Siber,” ujar Bamsoet.

Menurut Bamsoet, ketahanan keamanan siber di Indonesia masih perlu peningkatan. Alasannya, Indonesia menurut National Cyber Security Index, masih menempati posisi kelima di Asia Tenggara dalam hal keamanan siber.

Padahal, dunia sudah memasuki era internet of military things/internet of battle-field things, yakni operasi militer semakin dapat dikendalikan dari jarak yang sangat jauh, dengan lebih cepat, tepat, dan akurat.

“Ini terkait juga dengan kasus peretasan data nasional, yang mengisyaratkan urgensi ketersediaan lembaga pemerintah yang berfokus pada keamanan siber, termasuk peraturan hukum,” tandas Bamsoet.

Bamsoet mengaku optimistis kehadiran matra ke empat mampu memperkuat tiga matra yang sudah ada, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

“Ini penting, mengingat posisi geopolitik Indonesia sangat rawan, lantaran berhadapan langsung dengan trisula negara persemakmuran Inggris: Malaysia, Singapura, dan Australia, yang tergabung dalam Five Power Defence Arrangement (FFDA) bersama Selandia Baru dan Britania Raya, dan di sisi lain, juga berada dalam arena pertarungan geopolitik Rusia, Tiongkok, dan Amerika,” pungkas Bamsoet.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)