AI Google Gemini Live Kini Gratis untuk Semua Pengguna Android Halaman all - Kompas

 

AI Google Gemini Live Kini Gratis untuk Semua Pengguna Android Halaman all - Kompas

KOMPAS.com - Google memperluas ketersediaan AI Gemini Live ke semua pengguna Android secara gratis.

Gemini Live menawarkan pengalaman ngobrol bebas dengan chatbot Gemini ke pengguna. Sederhananya, Gemini Live semacam Google Assistant yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), di mana pengguna bisa memberikan aneka perintah atau mengajukan pertanyaan lewat suara ke chatbot Gemini.

Gemini Live yang diumumkan dalam acara Google I/O Mei 2024 lalu, dirilis perdana pada Agustus 2024, bersamaan dengan peluncuran ponsel Pixel 9 series.

Namun saat itu ketersediaannya baru terbatas untuk pengguna Gemini Advanced, yaitu versi chatbot Gemini paling canggih saat ini dan berbayar di Android.

Koreografi Suporter “Ayo Berjuang untuk Mimpi Kita” di Laga Timnas Indonesia Vs Australia

Baca juga: 7 Fitur AI di Google Pixel 9 Series, Gemini Live Salah Satunya

Nah, sekarang Gemini Live bisa dicoba oleh pengguna Android secara gratis. Artinya, pengguna yang tidak berlangganan Gemini Advance juga bisa menjalankan kebolehan atau mengobrol dengan Gemini Live.

"Kami mulai meluncurkan Gemini Live dalam bahasa Inggris ke lebih banyak orang yang memakai aplikasi Android secara gratis," kata Google mengumumkan perluasan Gemini Live di X dengan handle akun @GeminiApp.

We're starting to roll out Gemini Live in English to more people using the Android app, free of charge. Go Live to talk things out with Gemini, explore a new topic, or brainstorm ideas. Keep an eye out for Gemini Live in the Gemini app ???? pic.twitter.com/0VL0c7E6Gw

— Google Gemini App (@GeminiApp) September 12, 2024

Chatbot Gemini sendiri bisa diakses pengguna dari aplikasi Gemini di perangkat Android. Walaupun fungsinya mirip-mirip dengan Google Assistant, Gemini tidak lantas dilebur menjadi Assistant sepenuhnya.

Baca juga: Ini Alasan Gen Z Lebih Pilih Pakai TikTok daripada Google untuk Cari Informasi

Pengguna masih bisa menentukan preferensinya dengan memilih Assistant atau Gemini sebagai asisten digitalnya di perangkat Android.

Kembali ke Gemini Live, fitur ini bisa diakses lewat ikon garis tiga dengan bintang di atasnya. Ikon ini berada di pojok kanan bawah aplikasi Gemini, sejajar dengan ikon mikrofon dan kamera.

Ketika ikon Gemini Live ditekan, aplikasi akan mengaktifkan mikrofon, sehingga pengguna bisa mengajukan pertanyaan atau mengobrol dengan chatbot Gemini.

Baca juga: Fitur Galaxy AI di Samsung Z Fold-Flip 6 Makin Diminati di Indonesia, Ini Buktinya

Pantauan KompasTekno saat artikel ini ditulis, ikon Gemini Live belum muncul di aplikasi Gemini di Indonesia. Boleh jadi ketersediaannya bertahap seperti perbaruan fitur pada berbagai aplikasi. Kita tunggu saja.

Lebih luwes dari Assistant

Salah satu perbedaan Gemini Live dengan Google Assistant yaitu bahwa Gemini Live lebih luwes ketika diajak mengobrol. Pengguna bahkan bisa menyela respons Gemini bila ingin mengajukan penjelasan lebih lanjut, atau menjeda obrolan dan melanjutkannya lagi di lain waktu.

Pengalaman tersebut diklaim membuat Gemini Live akan terasa seperti pengguna memiliki teman dekat di saku.

Baca juga: Mengenal Gemini AI Google yang Mirip ChatGPT dan Cara Menggunakannya

Google juga melengkapi Gemini Live dengan 10 versi suara yang berbeda. Pengguna bisa memilih versi manapun yang diinginkan kemudian menggantinya dengan versi lain di lain waktu.

Karena terintegrasi dengan aneka produk Google, tugas yang bisa dijalankan Gemini Live juga akan terasa interaktif. Contohnya, pengguna bisa meminta membuatkan gambar ilustrasi ke Gemini, kemudian memilih gambar yang diinginkan dan menyeretnya (drag) langsung ke Gmail.

Ilustrasi integrasi Gemini dengan Gmail, pengguna bisa memerintahkan Gemini untuk membuat gambar dan gambar yang disukai bisa diseret (drag) ke Gmail

Lihat Foto

Asisten suara dengan AI ini bisa dijalankan di background atau bahkan saat smartphone terkunci.

Baca juga: Tombol Serupa "Camera Control" di iPhone 16 Sudah Lama Hadir di HP Android

Sejauh ini Gemini Live baru tersedia dalam bahasa Inggris di perangkat Android. Gemini Live juga akan tersedia untuk pengguna iOS dan dukungan bahasanya akan diperluas dalam beberapa waktu mendatang.

Ke depannya, Google juga akan mengintegrasikan Gemini Live ke lebih banyak aplikasi seperti Keep, Task, Utilities hingga YouTube Music.

Google juga akan mengintegrasikan Gemini Live dengan Calendar, sehingga pengguna bisa bertanya ke Gemini tentang kapan pengguna punya waktu luang untuk menjadwalkan agenda tertentu. Kemudian pengguna bisa memasang pengingat agar Gemini Live mengingatkan jadwal yang sudah ditetapkan.

Menariknya, meski terintegrasi dengan berbagai aplikasi, aneka perintah yang dijalankan lewat Gemini Live mengutamakan antarmuka asisten tersebut. Walhasil pengguna tidak perlu berpindah aplikasi secara manual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)