Bikin Heboh, Instagram Dikabarkan Bakal Hapus Fitur Archive - Beautynesia

 

Bikin Heboh, Instagram Dikabarkan Bakal Hapus Fitur Archive - 

Instagram menjadi salah satu platform sosial media yang digandrungi berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tidak hanya bisa mengunggah foto, Instagram juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya seperti Instagram Story, Instagram Live, Instagram Reels, bertukar pesan via Direct Message (DM), dan lainnya.

Selain fitur-fitur tersebut, ada sebuah fitur lainnya yang juga disukai para pengguna, yakni fitur 'Archive' atau 'Arsip'.

Melalui fitur yang satu ini, para pengguna bisa melihat kembali postingan apa saja yang pernah mereka unggah sebelumnya, khususnya di Instagram Story yang akan hilang setelah 24 jam setelah diunggah.

Bahkan meskipun postingan tersebut sudah diunggah beberapa tahun silam, para pengguna masih bisa melihatnya melalui fitur 'Archive' ini. Namun, beberapa bulan belakangan masyarakat dibuat heboh dengan adanya kabar bahwa Instagram bakal menghapus fitur Archive tersebut.

Simak detailnya berikut ini.

Ramai Instagram Bakal Hapus Fitur Archive, Begini Awalnya
Ilustrasi Instagram

Ilustrasi Instagram/ Foto: pexels.com/Omkar Patyane

Melansir dari  CNN,  sejak Juli 2024 lalu para pengguna Instagram mulai dibuat ‘resah’ setelah mengetahui beberapa postingan yang ada di fitur Archive mereka hilang secara mendadak.

Diketahui foto-foto tertentu telah dihapus secara permanen dari arsip Instagram Stories aplikasi tersebut dan tidak dapat dipulihkan, Beauties.

“Cerita ini tidak lagi tersedia,” beberapa pengguna melihat di postingan Instagram Stories tertentu. “Karena masalah teknis, cerita ini tidak lagi tersedia. Meskipun kami telah memperbaiki masalah ini, cerita Anda tidak dapat dipulihkan.”

Meta, pemilik Instagram, menolak untuk mengungkapkan berapa banyak pengguna yang terkena dampaknya, namun mengatakan hanya orang-orang yang Stories-nya hilang yang akan melihat pemberitahuan tersebut.

“Kami menemukan dan memperbaiki bug yang menyebabkan sorotan dan arsip Instagram Story beberapa orang terhapus. Sayangnya, kami tidak dapat memulihkan Instagram Stories ini dan kami memberi tahu orang-orang melalui aplikasi jika mereka terkena dampaknya,” ungkap juru bicara Meta.

Meta mengatakan layar hitam yang menampilkan pesan ‘kesalahan’ tersebut akan hilang pada Juli 2025.

Pentingnya Mencadangkan Data Unggahan
Pentingnya mencadangkan data unggahan

Ilustrasi mencadangkan data/ Foto: pexels.com/Anete Lusina

Melansir dari  NewsBytes,   Instagram tidak secara otomatis menyimpan cerita ke rol kamera pengguna kecuali pengaturan ini diaktifkan.

Sebaliknya, mereka diunggah secara otomatis ke fitur Archive atau Arsip Cerita. Banyak pengguna memperlakukan fitur tersebut sebagai kenang-kenangan untuk menyimpan berbagai unggahan.

Dengan adanya insiden ini menunjukkan pentingnya setiap pengguna untuk melakukan pencadangan foto, video, dan media lain di luar aplikasi demi keamanan.

Melansir dari  Make Use Of,  jika postingan Stories kamu terpengaruh oleh kesalahan tersebut, kamu tidak dapat melakukan apa pun saat ini. Tindakan terbaik adalah belajar dari pengalaman ini dan membuat cadangan konten di masa mendatang.

Saat mengunggah Instagram Story, cukup ketuk tiga titik horizontal di sudut kanan atas dan pilih 'Simpan' dari menu tarik-turun untuk menyimpannya ke rol kamera device kamu.

Jika kamu tidak ingin menyimpan setiap gambar atau video yang diunggah ke Instagram Story secara manual, kamu dapat mengaktifkan opsi untuk secara otomatis menyimpan setiap unggahan yang diunggah ke rol kamera.

Untuk melakukannya, beralihlah ke tab ‘Beranda’ atau ‘Home’ dan geser ke kiri untuk menampilkan kamera. Lalu, ketuk ikon ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’ di sudut kanan atas layar dan ketuk ‘Cerita’ atau ‘Story’. Terakhir, aktifkan sakelar di sebelah ‘Simpan’ atau ‘Save’ ke rol kamera.

Dengan cara ini, kamu dapat memulihkan data jika kesalahan seperti ini terjadi lagi. Selain itu, kamu memiliki berbagai opsi cadangan penyimpanan, seperti iCloud atau Google Drive, atau penyimpanan fisik seperti drive USB, kartu memori, dan hard drive eksternal.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)