Microsoft Nonaktifkan Activex Secara Default di Office 2024 - winpoin

 

Microsoft Nonaktifkan Activex Secara Default di Office 2024


  • Posted by
  • 2 min

Pada akhir tahun 2024 ini, Microsoft akan merilis versi baru dari aplikasi produktivitas populer mereka (Microsoft Office), dimana Microsoft Office 2024 ini direncanakan akan hadir dengan sejumlah fitur baru dan penyempurnaan didalamnya.

Bagi yang belum tahu, saat ini Office 2024 sudah masuk dalam tahap Public Preview dan kamu sudah bisa menginstall aplikasi ini dengan langkah yang telah WinPoin tulis pada halaman : Cara Install Microsoft Office 2024 Preview Sekarang Juga!

Mengenai Office 2024, ada satu fakta penting yang wajib kamu tahu guys, karena salah satu pembaruan dalam aplikasi ini akan secara langsung mempengaruhi pengguna yang alur kerjanya melibatkan dokumen dengan objek ActiveX.

Jadi, pada Microsoft Office 2024 nanti, kontrol ActiveX di Word, Excel, PowerPoint, dan Visio akan dinonaktifkan secara default, dan pengguna tidak akan menerima peringatan apa pun terkait hal tersebut.

Meskipun begitu, sejak saat ini, Microsoft telah menerbitkan peringatan tentang perubahan yang akan datang di Microsoft 365 Admin Center (MC884011, Via @teroalhonen di X).

Perubahan ini sendiri akan diterapkan pada bulan Oktober 2024 ini bersama dengan peluncuran resmi Office 2024. Selain itu, aplikasi Microsoft 365 juga akan menerima perubahan yang perlakuan serupa yang akan terjadi pada bulan April 2025.

Apakah ActiveX Dapat Diaktifkan Kembali?

Jawabannya bisa guys, Microsoft masih menyediakan tiga motode untuk mengaktifkannya yang diantaranya adalah :

  • Dalam Trust Center Settings dialog, dibawah ActiveX Settings, kemudian pilih Prompt me before enabling all controls with minimal restrictions option.
  • Dalam Registry settings yang terletak pada key, HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\Common\Security\DisableAllActiveX, kemudian nilai dari key tersebut diubah ke 0
  • Mengaktifkan Disable All ActiveX group policy setting ke 0.

Lalu apa sih alasan kenapa ActiveX ini dinonaktifkan secara default?, jadi menurut informasi yang beredar, ini adalah langkah yang dilakukan Microsoft untuk mengurangi masalah keamanan dan pengalaman pengguna yang buruk yang telah berlangsung selama beberapa tahun.

Jadi, jika kamu masih menggunakan ActiveX dalam alur kerja kamu dan kamu bersiap untuk melakukan upgrade ke Microsoft Office 2024, kamu harus bersiap untuk langkah tambahan yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkan ActiveX kembali.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)