Pembuat ChatGPT Diincar Investor Kelas Kakap: Apple dan Nvidia - detik

 

Pembuat ChatGPT Diincar Investor Kelas Kakap: Apple dan Nvidia

Anggoro Suryo

Jakarta-

OpenAI, pembuat ChatGPT, tengah bersiap membuka pendanaan terbaru, yang kabarnya diincar oleh Apple dan Nvidia, serta banyak investor lainnya.

Dilansir Wall Street Journal, Apple yang tengah berencana mengintegrasikan ChatGPT ke dalam iOS, membuka pembicaraan untuk menggelontorkan investasi ke OpenAI.

Sementara itu menurut Bloomberg, selain Apple ada juga Nvidia yang tengah berencana untuk ikut dalam pendanaan terbaru tersebut. Thrive Capital kabarnya adalah perusahaan yang memimpin pendanaan tersebut, dan mematok nilai OpenAI lebih dari USD 100 miliar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebenarnya tak aneh jika Apple dan Nvidia kemudian memang menyuntikkan dana ke OpenAI, karena kedua perusahaan tersebut punya banyak keterkaitan dengan ChatGPT, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (1/9/2024).

Misalnya Apple, yang dalam waktu dekat akan mengintegrasikan ChatGPT ke dalam Siri. Bahkan mereka juga sempat disebut berencana memasukkan Phil Schiller, mantan SVP Worldwide Marketing Apple, ke dalam dewan direksi OpenAI, meski kemudian rencana tersebut dibatalkan.

Sementara itu Nvidia adalah pemasok komponen utama untuk OpenAI, yang sangat bergantung pada kemampuan chip pengolah AI dari Nvidia untuk menjalankan berbagai layanannya.

Selain dua investor kelas kakap itu, masih ada Microsoft yang kabarnya berencana menambah investasinya di OpenAI. Pada 2019 mereka sudah menyuntikkan dana sebesar USD 1 miliar ke OpenAI, dan pada 2023 mereka menambah suntikan dana tersebut menjadi beberapa miliar dolar (tak disebutkan nilai spesifiknya).

Sampai saat ini Apple dan OpenAI belum mengeluarkan pernyataan terkait kabar ini, sementara Microsoft dan Nvidia menolak berkomentar.

Simak Video "Microsoft Ngaku Tak Punya Bagian Kepemilikan Atas OpenAI"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

Awesome
Needs Work
Contact

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)