Perusahaan Jepang Sudah 10 Tahun Tak Produksi Walkie-Talkie Meledak di Lebanon - detik

 

Perusahaan Jepang Sudah 10 Tahun Tak Produksi Walkie-Talkie Meledak di Lebanon

Tokyo 

-

Perusahaan JepangICOM, langsung melakukan penyelidikan setelah laporan media menyebut perangkat radio dua arah, atau walkie-talkie, yang memiliki logo mereknya meledak secara massal di Lebanon pada Rabu (18/9) waktu setempat, hingga menewaskan sedikitnya 20 orang.

Hasil penyelidikan awal perusahaan itu, seperti dilansir AFP, Kamis (19/9/2024), menunjukkan walkie-talkie yang meledak di berbagai wilayah Lebanon itu sudah tidak diproduksi lagi oleh ICOM sejak 10 tahun lalu.

Kementerian Komunikasi Lebanon dalam pernyataannya, seperti dilansir CNN, menyebut perangkat walkie-talkie model IC-V82 yang meledak secara serentak pada Rabu (19/9) tidak dipasok oleh agen yang diakui, tidak memiliki izin resmi dan belum diperiksa oleh dinas keamanan negara tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tidak diketahui secara jelas bagaimana walkie-talkie itu bisa digunakan secara luas di Lebanon, terutama oleh anggota-anggota Hizbullah.

ICOM dalam penjelasannya pada Kamis (19/9) menegaskan pihaknya telah berhenti memproduksi walkie-talkie model IC-V82 sekitar 10 tahun lalu.

"IC-V82 merupakan radio genggam yang sebelumnya diproduksi dan diekspor, termasuk ke Timur Tengah, dari tahun 2004 hingga Oktober 2014. Produk ini dihentikan (produksinya) sekitar 10 tahun lalu, dan sejak itu, tidak lagi dikirimkan dari perusahaan kami," tegas ICOM dalam pernyataannya.

"Produksi baterai yang diperlukan untuk mengoperasikan unit utama juga telah dihentikan, dan segel hologram untuk membedakan produk palsu tidak dipasang, sehingga tidak dapat dipastikan apakah produk tersebut dikirimkan dari perusahaan kami," jelas ICOM.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Ditambahkan oleh ICOM bahwa produk untuk pasar luar negeri dijual secara eksklusif melalui sejumlah distributor resmi, dan program ekspornya juga didasarkan pada peraturan kontrol perdagangan keamanan Jepang.

"Semua radio kami diproduksi pada anak perusahaan produksi kami, Wakayama Icom Inc., di Prefektur Wakayama, di bawah sistem manajemen yang ketat... jadi tidak ada suku cadang selain yang ditentukan oleh perusahaan kami yang digunakan dalam suatu produk," tegas ICOM dalam penjelasannya.

"Selain itu, semua radio kami diproduksi pada pabrik yang sama, dan kami tidak memproduksinya di luar negeri," imbuh ICOM.

Gelombang ledakan kedua melanda ribuan unit walkie-talkie di Lebanon, terutama yang digunakan oleh anggota Hizbullah, pada Rabu (18/9) waktu setempat. Sedikitnya 20 orang tewas dan lebih dari 450 orang lainnya mengalami luka-luka akibat ledakan walkie-talkie tersebut.

Sejumlah walkie-talkie dilaporkan meledak saat dibawa oleh beberapa anggota Hizbullah yang menghadiri pemakaman rekannya yang tewas dalam ledakan pager. Laporan AFP menyebut ledakan walkie-talkie itu memicu kepanikan di pemakaman tersebut.

Ledakan walkie-talkie itu terjadi sehari setelah ledakan massal melanda ribuan unit pager atau penyeranta yang kebanyakan digunakan anggota Hizbullah di berbagai wilayah Lebanon.

Laporan Menteri Kesehatan Lebanon, Firas Abiad, menyebut korban tewas akibat ledakan pager itu bertambah menjadi sedikitnya 12 orang, termasuk dua anak-anak. Salah satu anak yang tewas dilaporkan sebagai seorang bocah perempuan berusia 10 tahun, yang merupakan anak salah satu anggota Hizbullah.

Nyaris 3.000 orang lainnya, termasuk banyak anggota Hizbullah dan Duta Besar Iran untuk Lebanon, mengalami luka-luka akibat ledakan pager tersebut.

Hizbullah menuduh Israel sebagai dalang di balik ledakan pager tersebut dan bersumpah akan membalasnya. Tel Aviv sendiri belum memberikan komentar apa pun terkait insiden di Lebanon tersebut.

(nvc/idh)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)