Benarkah Letak Nomor Rekening di Kartu ATM BRI Pada Bagian Depan? -.IDXChannel

 

Benarkah Letak Nomor Rekening di Kartu ATM BRI Pada Bagian Depan?

Dimana letak nomor rekening di Kartu ATM BRI? Lewat artikel ini kami akan membahasnya. 

Benarkah Letak Nomor Rekening di Kartu ATM BRI Pada Bagian Depan? (FOTO: MNC MEDIA)

Benarkah Letak Nomor Rekening di Kartu ATM BRI Pada Bagian Depan? (FOTO: MNC MEDIA)

IDXChannel - Di mana letak nomor rekening di Kartu ATM BRI? Lewat artikel ini kami akan membahasnya. 

Seperti diketahui masih banyak nasabah bank yang belum memahami letak nomor rekening mereka, terutama terkait dengan kartu ATM atau kartu debit. Banyak yang mengira bahwa nomor rekening tertera pada kartu tersebut. Namun, faktanya tidak demikian. Kartu ATM tidak mencantumkan nomor rekening, baik di bagian depan maupun belakang kartu.

Lantas dimana letak nomor rekening di kartu ATM BRI? Simak penjelasan yang dihimpun IDX Channel dari berbagai sumber tepercaya.

Letak Nomor Rekening di Kartu ATM BRI

Seperti diketahui pada kartu ATM terdapat lembaran nomor di bagian kartu. Namun itu bukanlah nomor rekening.

Pada bagian depan kartu ATM atau debit, memang terdapat deretan 16 digit angka. Namun, deretan angka ini bukanlah nomor rekening, melainkan nomor kartu. Nomor kartu tersebut berfungsi sebagai identifikasi nasabah dalam sistem perbankan, bukan sebagai nomor rekening bank.

Cara Mengetahui Nomor Rekening

Nomor rekening biasanya dapat ditemukan di buku tabungan yang diberikan oleh bank saat pertama kali membuka rekening. Selain itu, nasabah juga dapat mengetahui nomor rekening melalui aplikasi mobile banking. Melalui aplikasi ini, nasabah dapat melihat nomor rekening mereka dengan mudah.

Cara lain untuk mengetahui nomor rekening adalah dengan melakukan transaksi cek mutasi atau cek saldo di mesin ATM. Informasi nomor rekening akan ditampilkan pada layar mesin ATM saat nasabah melakukan transaksi tertentu.

Benarkah Letak Nomor Rekening di Kartu ATM BRI Pada Bagian Depan? (FOTO: MNC MEDIA)

Keamanan Nomor Kartu dan Nomor Rekening

Baik nomor rekening maupun nomor kartu ATM merupakan informasi yang sangat rahasia. Nasabah harus berhati-hati agar tidak membagikan kedua nomor tersebut kepada pihak lain untuk menghindari kejahatan perbankan. Selain itu, pada bagian belakang kartu debit terdapat kode CVV (Card Verification Value) atau CVC (Card Verification Code). Kode ini berupa 3 digit angka yang sangat penting dan juga harus dijaga kerahasiaannya.

Kode CVV atau CVC digunakan saat transaksi online sebagai verifikasi. Kartu debit berlogo VISA umumnya menggunakan istilah CVV, sementara MasterCard menggunakan sebutan CVC. Walaupun berbeda nama, fungsinya tetap sama.

Masa Berlaku Kartu ATM

Perlu diketahui juga bahwa kartu ATM memiliki masa berlaku tertentu. Jika masa berlaku kartu habis, kartu tersebut tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi apapun. Dalam hal ini, nasabah perlu mengganti kartu di bank untuk dapat melanjutkan transaksi menggunakan kartu ATM yang baru.

Cara Cek Nomor Rekening Melalui Mobile Banking

Jika tidak membawa buku tabungan, nasabah bisa mengecek nomor rekening melalui aplikasi mobile banking. Sebagai contoh, untuk nasabah Bank BCA, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Buka aplikasi BCA mobile.
  • Pilih menu "m-BCA".
  • Masukkan 6 digit kode akses m-BCA dan klik "Login".
  • Pilih menu "m-Info".
  • Pilih "Info Saldo".
  • Masukkan PIN m-BCA.
  • Layar akan menampilkan nomor rekening BCA beserta informasi saldo.

Jika kesulitan mengingat nomor rekening, nasabah bisa mencatatnya di aplikasi catatan atau melakukan tangkapan layar untuk disimpan.

Itulah penjelasan letak nomor rekening di kartu ATM BRI. Semoga informasi ini berguna bagi Anda. (MYY)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)