Kendaraan listrik Tiongkok yang populer dapat mendengarkan percakapan, kata pemiliknya | Agen BRILink dan BRI

 

Kendaraan listrik Tiongkok yang populer dapat mendengarkan percakapan, kata pemiliknya | Agen BRILink dan BRI

Sebuah merek kendaraan listrik populer yang dijual di Australia memiliki pintu belakang tersembunyi yang memungkinkan pabrikan mendengarkan percakapan, klaim pengguna.

Setelah menyaksikan bulan penuh ledakan yang menunjukkan kemungkinan mengerikan dari peperangan teknologi, topik kendaraan listrik dan potensi peretasannya sekali lagi menjadi sorotan global.

Seorang pengemudi yang memiliki mobil BYD, kendaraan listrik merek Tiongkok, mengklaim bahwa perangkat lunak tersebut dapat mendengarkan percakapannya.

Seorang pengemudi yang memiliki mobil BYD, kendaraan listrik merek Tiongkok, mengklaim bahwa perangkat lunak tersebut dapat mendengarkan percakapannya. REUTERS

Dia menjelaskan, SIM internal mobil dapat dihubungi oleh pihak eksternal sehingga audio dari dalam kendaraan dapat dikirimkan ke penelepon tanpa sepengetahuan pengemudi.

Dalam video tersebut, pemilik menghubungi nomor SIM mobilnya, dan meskipun audio dari dalam kendaraan dikirimkan ke ponselnya, tidak ada indikasi yang terlihat di layar sentuh mobil atau tampilan digital bahwa ada panggilan sedang berlangsung.

Yang lebih memprihatinkan adalah tampaknya tidak ada cara untuk menghentikan panggilan dari kendaraan.

Satu-satunya tanda bahwa panggilan sedang berlangsung adalah audio yang dimatikan, dan masalah tersebut dilaporkan terus berlanjut bahkan ketika mobil dimatikan.

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh carexpert.com pada bulan Januari 2023 juga menyoroti masalah ini.

“Saya tidak dapat menutup panggilan rahasia dari mobil, bahkan dengan membuka aplikasi telepon atau menekan tombol pick-up/hangup di roda kemudi,” kata pemiliknya.

“Bahkan dengan mematikan layanan seluler, panggilan dapat dilakukan, jadi tidak mungkin saya dapat menemukan bahwa pelanggan Atto 3 di Australia dapat memiliki privasi di mobilnya sendiri jika seseorang memata-matai mereka.”

Pemiliknya menjelaskan bahwa SIM internal mobil dapat dihubungi oleh pihak eksternal, sehingga audio dari dalam kendaraan dapat dikirim ke penelepon tanpa sepengetahuan pengemudi. REUTERS

Seorang pengguna melaporkan menerima beberapa panggilan melalui SIM, menunjukkan bahwa itu telah didaur ulang.

“Ada empat orang berbeda yang menelepon ke mobil saya… pertama kali saya mengira seseorang terhubung ke Bluetooth saya, tapi setelah tanggal 4 saya berasumsi mereka entah bagaimana menelepon nomor SIM saya,” kata pengguna tersebut, menambahkan bahwa kedua belah pihak bingung saat melakukannya. panggilan.

Distributor BYD di Australia, EVDirect, merespons masalah ini dengan cepat.

Direktur pelaksana Luke Todd mengklaim mereka bekerja sama dengan Telstra, penyedia SIM, untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Tidak ada risiko paparan bagi orang yang memperoleh rincian pemilik mobil,” kata Todd.

“Kami mengantisipasinya akan diselesaikan dalam waktu 48 jam. Semua data dan informasi SIM disimpan oleh Telstra dengan aman.”

Meskipun eSIM menjadi lebih umum pada kendaraan modern, hal ini tampaknya hanya menjadi masalah tersendiri pada BYD di Australia. Tidak ada produsen mobil lain yang melaporkan kekhawatiran serupa di mana pihak eksternal dapat menghubungi SIM kendaraan untuk mendengarkan kabin.

Pengguna lain melaporkan menerima beberapa panggilan melalui SIM, menunjukkan bahwa itu telah didaur ulang. REUTERS
Satu-satunya tanda bahwa panggilan sedang berlangsung adalah audio yang dimatikan, dan masalah tersebut dilaporkan terus berlanjut bahkan ketika mobil dimatikan. REUTERS

Meskipun Atto 3 menjadi kendaraan listrik terlaris ketiga di Australia, merek tersebut mengalami beberapa kendala dalam perjalanannya.

BYD harus menghentikan sementara penjualan untuk mengatasi ketidakpatuhan terhadap poin jangkar kursi anak dan menghadapi penundaan dalam mendapatkan peringkat keamanan lokal ANCAP bintang lima.

Sementara itu, Jurnalis Otomotif Senior Paul Gover mengatakan kepada Sky News minggu ini bahwa pemerintah Australia “tidak tahu” apa yang mampu dilakukan oleh kendaraan listrik buatan Tiongkok.

BYD Australia telah dihubungi untuk memberikan komentar.

Namun upaya pemadaman kebakaran oleh perusahaan sebesar apa pun tidak dapat menghapus skeptisisme yang telah tertanam, terutama di Amerika Serikat, sebuah negara yang tampaknya telah bersaing selama puluhan tahun dengan Tiongkok menuju supremasi teknologi.

Privasi warga negara Amerika tampaknya menjadi hal yang paling penting, setidaknya dalam kasus ketika data pribadi mengalir ke pemerintah yang “salah”.

BYD harus menghentikan sementara penjualan untuk mengatasi ketidakpatuhan terhadap poin jangkar kursi anak dan menghadapi penundaan dalam mendapatkan peringkat keamanan lokal ANCAP bintang lima. REUTERS

Permasalahan yang lebih luas mengenai potensi pintu belakang (backdoor) terhadap kendaraan listrik milik swasta ditinjau kembali minggu lalu, ketika rincian rencana AS untuk melarang kendaraan listrik buatan Tiongkok karena masalah spionase dan keamanan nasional dipublikasikan.

Para pegiat telah memperbarui dorongan mereka untuk melarang kendaraan listrik Tiongkok pada khususnya, dan menggemakan kampanye serupa terhadap platform media sosial milik Tiongkok yang beroperasi di negara tersebut.

“Mobil saat ini memiliki kamera, mikrofon, pelacakan GPS, dan teknologi lainnya yang terhubung ke internet. Tidak perlu banyak imajinasi untuk memahami bagaimana musuh asing yang memiliki akses terhadap informasi ini dapat menimbulkan risiko serius bagi keamanan nasional dan privasi warga negara kita,” kata Menteri Perdagangan Gina Raimondo.

“Dalam situasi ekstrem, musuh asing bisa menutup atau mengambil kendali semua kendaraan mereka yang beroperasi di Amerika Serikat pada saat yang bersamaan.”

“Kami telah melihat banyak bukti bahwa (Tiongkok) telah menempatkan malware di infrastruktur penting kami untuk mengganggu dan melakukan sabotase,” tambah Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan.

“Dan dengan potensi jutaan kendaraan di jalan, yang masing-masing memiliki masa pakai 10 hingga 15 tahun, risiko gangguan dan sabotase meningkat secara dramatis.”

Previous article

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)