Steam Berikan Pengumuman Bahwa Beli Game Bukan Berarti Memilikinya! | WinPoin

 

Steam Berikan Pengumuman Bahwa Beli Game Bukan Berarti Memilikinya! | WinPoin

Jika kamu pengguna Steam kamu mungkin menyadari hal baru ketika kamu akan melakukan checkout pada game yang akan kamu beli, dimana kini Steam secara terang terangan mengungkapkan bahwa membeli produk digital hanyalah mendapatkan lisensinya, bukan game-nya.

Seperti pada gambar diatas, ketika kamu akan melakukan pembayaran, Steam akan menampilkan informasi kecil dibagian bawah dengan tulisan “A purchase of a digital product grants a license for the product on Steam.“, yang menegaskan bahwa membeli produk di Steam bukan berarti kamu memiliki game tersebut melainkan hanya memiliki lisensi untuk memainkannya.

Nah update ini sendiri muncul setelah beberapa kontroversi tentang “kepemilikan” konten digital yang dibeli dari berbagai pasar, seperti misalnya Ubisoft yang kabarnya berakhir dalam masalah setelah menghapus The Crew dari library semua orang setelah servernya ditutup. Sony juga menerima banyak kecaman atas rencana untuk menghapus akses ke acara TV tertentu yang dibeli di PlayStation Store yang akhirnya mereka berubah arah setelah mendapatkan banyak kecaman tersebut.

Akibat kontroversi ini, pemerintah Amerika akhirnya turun tangan dengan gubernur California Gavin Newsom menandatangani AB 2426 menjadi undang-undang yang memaksa pasar digital untuk menjelaskan kepada pelanggan kapan mereka hanya membeli lisensi untuk mengakses media.

Undang-undang ini tidak akan berlaku untuk download offline permanen atau salinan fisik suatu produk, namun hanya salinan digital dari video game, musik, film, acara TV, atau buku elektronik dari etalase online. Nah meskipun undang undang ini disahkan di Amerika (California), namun ini juga berlaku di negara lain termasuk di Indonesia.

Lalu apa?

Jadi, dengan adanya informasi ini, Steam memberikan penegasan bahwa konten yang kamu beli di Steam bukan milik kamu dan bisa saja hilang jika server ditutup atau ada hal lain seperti kasus Ubisoft yang menghapus game The Crew dari library semua orang.

Selain itu, tujuan dari diberikannya notifikasi dan pengumuman kecil pada halaman pembayaran tersebut tentu merupakan langkah Steam untuk menghindari denda karena iklan palsu.

Perusahaan yang gagal mematuhi undang undang dapat dikenai denda karena iklan palsu jika mereka tidak menjelaskan dengan bahasa yang jelas batasan pembelian digital tertentu

Jadi, untuk membeli dan memiliki game sepenuhnya tentu adalah dengan membeli game secara fisik berupa CD, selain kamu juga bisa membeli game dengan installer offline seperti game jaman dulu.

Via : Engadget

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)