Salip China, India Bakal Jadi Pasar Terbesar Ketiga Apple di Seluruh Dunia - Selular
Selular.ID – India diperkirakan akan menjadi pasar terbesar ketiga Apple di seluruh dunia pada 2026, dengan peningkatan penjualan sebesar 20% pada tahun berikutnya.
Penjualan didorong oleh meningkatnya permintaan akan produk premium di kalangan kelas menengah India, opsi pembiayaan, dan diskon liburan.
Apple diprediksi akan mengirimkan 14-15 juta iPhone pada 2025, sementara persaingan di China seperti Huawei berdampak negatif pada pangsa pasar raksasa teknologi itu.
Melonjaknya permintaan produk-produk Apple di India, tak lepas dari upaya Apple untuk berkonsentrasi pada pasar negara berkembang, menyusul penurunan pangsa pasarnya di China. Imbas ketatnya persaingan dengan pemain-pemain utama, seperti Huawei, Vivo, Honor, dan Xiaomi.
Saat ini, India berada di belakang Jepang dan Inggris, berada di posisi kelima di pasar negara berkembang.
Menurut Business Standard, preferensi India untuk produk premium meningkat sehingga India menjadi pasar yang menguntungkan bagi produk Apple.
Baca Juga: Rumor: Apple Dekati Tencent dan pemilik TikTok ByteDance untuk Fitur AI di Tiongkok
Pakar industri mengaitkan beberapa alasan untuk menumbuhkan basis pelanggan Apple di India. Ini termasuk ketersediaan opsi pembiayaan yang telah membuat produk kelas atas Apple lebih terjangkau untuk segmen kelas menengah India yang sedang berkembang.
Pemberian diskon musim perayaan yang signifikan untuk produk Apple juga berkontribusi pada peningkatan penjualan.
Apple diharapkan telah mengirimkan lebih dari 12 juta iPhone ke India pada akhir tahun ini. Menandai peningkatan yang cukup besar dari 8,5 juta unit pada 2023.
Analis memperkirakan bahwa penjualan yang kuat dari model iPhone terbaru diantisipasi akan menambah empat juta unit lagi pada kuartal Desember, sehingga pengiriman akan mencapai 14-15 juta unit pada 2025.
Menurut laporan Economic Times, pangsa pasar raksasa teknologi AS di China turun dari 24% pada Q4FY23 menjadi 14% pada Q3FY24, dengan pengiriman menurun karena perusahaan China merebut kembali pangsa pasar.
Meskipun Apple mungkin mengalami sedikit penurunan dalam pertumbuhan pendapatan keseluruhan karena manufaktur lokal dan pengurangan tarif, penekanannya pada pasar negara berkembang seperti India terus menjadi kunci strateginya.
Economic Times menambahkan, tren peningkatan penjualan Apple di India, terutama dipicu dengan penurunan harga.
Tercatat harga jual rata-rata Apple di India turun dari $1.084 menjadi $958 pada Q3 2024 dan diproyeksikan akan turun lebih lanjut pada 2025, terutama jika model iPhone SE yang hemat biaya diperkenalkan.
Baca Juga: Ekspansi Bisnis, Apple Luncurkan Bel Pintu dengan Face ID
Selular.ID – India diperkirakan akan menjadi pasar terbesar ketiga Apple di seluruh dunia pada 2026, dengan peningkatan penjualan sebesar 20% pada tahun berikutnya.
Penjualan didorong oleh meningkatnya permintaan akan produk premium di kalangan kelas menengah India, opsi pembiayaan, dan diskon liburan.
Apple diprediksi akan mengirimkan 14-15 juta iPhone pada 2025, sementara persaingan di China seperti Huawei berdampak negatif pada pangsa pasar raksasa teknologi itu.
Melonjaknya permintaan produk-produk Apple di India, tak lepas dari upaya Apple untuk berkonsentrasi pada pasar negara berkembang, menyusul penurunan pangsa pasarnya di China. Imbas ketatnya persaingan dengan pemain-pemain utama, seperti Huawei, Vivo, Honor, dan Xiaomi.
Saat ini, India berada di belakang Jepang dan Inggris, berada di posisi kelima di pasar negara berkembang.
Menurut Business Standard, preferensi India untuk produk premium meningkat sehingga India menjadi pasar yang menguntungkan bagi produk Apple.
Baca Juga: Rumor: Apple Dekati Tencent dan pemilik TikTok ByteDance untuk Fitur AI di Tiongkok
Pakar industri mengaitkan beberapa alasan untuk menumbuhkan basis pelanggan Apple di India. Ini termasuk ketersediaan opsi pembiayaan yang telah membuat produk kelas atas Apple lebih terjangkau untuk segmen kelas menengah India yang sedang berkembang.
Pemberian diskon musim perayaan yang signifikan untuk produk Apple juga berkontribusi pada peningkatan penjualan.
Apple diharapkan telah mengirimkan lebih dari 12 juta iPhone ke India pada akhir tahun ini. Menandai peningkatan yang cukup besar dari 8,5 juta unit pada 2023.
Analis memperkirakan bahwa penjualan yang kuat dari model iPhone terbaru diantisipasi akan menambah empat juta unit lagi pada kuartal Desember, sehingga pengiriman akan mencapai 14-15 juta unit pada 2025.
Menurut laporan Economic Times, pangsa pasar raksasa teknologi AS di China turun dari 24% pada Q4FY23 menjadi 14% pada Q3FY24, dengan pengiriman menurun karena perusahaan China merebut kembali pangsa pasar.
Meskipun Apple mungkin mengalami sedikit penurunan dalam pertumbuhan pendapatan keseluruhan karena manufaktur lokal dan pengurangan tarif, penekanannya pada pasar negara berkembang seperti India terus menjadi kunci strateginya.
Economic Times menambahkan, tren peningkatan penjualan Apple di India, terutama dipicu dengan penurunan harga.
Tercatat harga jual rata-rata Apple di India turun dari $1.084 menjadi $958 pada Q3 2024 dan diproyeksikan akan turun lebih lanjut pada 2025, terutama jika model iPhone SE yang hemat biaya diperkenalkan.
Baca Juga: Ekspansi Bisnis, Apple Luncurkan Bel Pintu dengan Face ID
Komentar
Posting Komentar