Sosial Media
powered by Surfing Waves
0
News
    Ingin Cepat Kaya? Kerja, Jangan Judi - Kumpulan Informasi Teknologi Hari ini, Setiap Hari Pukul 16.00 WIB
    Home AI BAZNAS Featured Kecerdasan Buatan pinfo pinfo9 ptekno

    BAZNAS Manfaatkan Teknologi AI untuk Bangun Kedekatan Emosional dan Spiritual dengan Muzaki | Sindonews

    4 min read

     Kecerdasan Buatan,

    BAZNAS Manfaatkan Teknologi AI untuk Bangun Kedekatan Emosional dan Spiritual dengan Muzaki | Halaman Lengkap

    logo-apps-sindo

    Makin mudah baca berita nasional dan internasional.

    Selasa, 24 Juni 2025 - 20:27 WIB

    BAZNAS Manfaatkan Teknologi...

    BAZNAS mulai menerapkan teknologi AI untuk membangun hubungan emosional dan spiritual yang lebih erat dengan para muzaki.

    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mulai menerapkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk membangun hubungan emosional dan spiritual yang lebih erat dengan para muzaki. Inisiatif ini menjadi bagian dari strategi BAZNAS dalam menghadapi persaingan era digital dan meningkatkan kualitas layanan filantropi berbasis teknologi.

    Pimpinan Bidang Pengumpulan BAZNAS, Rizaludin Kurniawan, dalam acara CXtraordinary Evening di Jakarta, menjelaskan bahwa pemanfaatan AI memungkinkan lembaganya tidak hanya fokus pada pengumpulan dan penyaluran zakat, tetapi juga memperkuat koneksi personal dengan para muzaki.

    "Sebagai lembaga zakat nasional yang mengelola dana umat dalam skala besar, kami ingin membangun keterhubungan yang lebih mendalam dengan para muzaki," ujarnya.

    Salah satu penerapan AI yang dilakukan BAZNAS adalah menganalisis data muzaki secara menyeluruh, seperti tanggal ulang tahun, preferensi donasi, lokasi, latar belakang sosial, hingga riwayat kontribusi dan dampaknya.

    Dengan pendekatan ini, BAZNAS dapat menyampaikan informasi dan laporan yang lebih personal, sehingga donatur bisa melihat secara langsung hasil dari donasi mereka.

    AI juga digunakan untuk menghadirkan pengalaman yang menyentuh sisi spiritual. Muzaki menerima pesan ulang tahun yang disertai doa, pengingat waktu berzakat sesuai profil keuangan, serta konten dakwah yang disesuaikan dengan minat mereka. BAZNAS menyebutkan bahwa banyak muzaki mengaku terharu menerima pesan doa yang dikirimkan sistem.

    Selain itu, BAZNAS mengintegrasikan layanan chatbot berbasis Natural Language Processing (NLP) yang melayani donatur selama 24 jam. Chatbot ini tidak hanya menjawab pertanyaan teknis, tetapi juga dirancang untuk menjaga komunikasi yang hangat dan bersifat humanis.

    Langkah BAZNAS ini menunjukkan bahwa pemanfaatan AI tidak hanya berorientasi pada efisiensi, melainkan juga memperkuat empati dan nilai-nilai keislaman dalam layanan zakat. Teknologi dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas interaksi, membangun kedekatan emosional, dan memperkuat rasa kepemilikan donatur terhadap misi sosial yang diemban.

    (unt)

    Iklan - Scroll untuk melanjutkan

    Iklan - Scroll untuk melanjutkan

    wa-channel

    Follow WhatsApp Channel SINDOnews untuk Berita Terbaru Setiap Hari

    Follow

    Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com,

     Klik Disini 

    untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!

    Infografis

    Gandeng Huawei dan Xiaomi,...

    Gandeng Huawei dan Xiaomi, Toyota Menyerah pada Raksasa Teknologi China?

    Komentar
    Additional JS