Sosial Media
powered by Surfing Waves
0
News
    Ingin Cepat Kaya? Kerja, Jangan Judi - Kumpulan Informasi Teknologi Hari ini, Setiap Hari Pukul 16.00 WIB
    Home E-Commerce Featured Tokopedia

    Raja Ecommerce RI Menang Mutlak, Pengunjung Tokopedia Cuma Segini - CNBC Indonesia

    2 min read

     

    Raja Ecommerce RI Menang Mutlak, Pengunjung Tokopedia Cuma Segini

    Jakarta, CNBC Indonesia - Shopee jadi raja e-Commerce di Indonesia. Lebih dari setengah pengguna internet mengakses platform tersebut mengalahkan Tokopedia dan Tiktok Shop.

    Ini terungkap dalam survei APJII: Profil Internet Indonesia 2025. Shopee diakses 53,22% dan naik dari tahun sebelumnya 41,65%.

    Kebanyakan yang mengakses adalah laki-laki berjumlah 54,03%, sedangkan perempuan sebanyak 52,39%.

    Capaian Shopee ini meninggalkan para pesaingnya, termasuk Tiktok Shop dan Tokopedia. Tiktok Shop diakses 27,37% yang melonjak lebih dua kali lipat dari tahun 2024 sebanyak 12,20%. Sementara Tokopedia berada di belakangnya. Tahun 2025 sebanyak 9,57% naik tipis 9,40% dari tahun sebelumnya.

    Tokopedia digunakan lebih banyak oleh laki-laki sebanyak 11,6% dibandingkan perempuan 7,65%. Berbeda dengan dua platform lainnya, Tiktok Shop digunakan lebih banyak perempuan mencapai 31,05%.

    Sementara itu, platform lain yang masuk dalam laporan adalah Lazada. Sayangnya mengalami penurunan 17,54% dari tahun 2024 menjadi 9,09% pada 2025.

    Berikutnya adalah Blibli sebanyak 0,29% turun dari 0,36%. Facebook Marketplace tercatat 0,25%.

    Berdasarkan kelompok usia, Shopee menduduki peringkat pertama untuk hampir semua generasi dibandingkan dengan platform lain.

    Tercatat pengguna Shopee terdiri dari 52,97% adalah Gen Z, 52,85% milenial, 54,24% Gen X, 55,25% Baby Boomers, 100% pre-boomers.

    Untuk Tiktok Shop, pengguna terbanyak berasal dari Gen Z sebanyak 30,09%. Sementara milenial 26,68%, Gen X 23,76%, dan Baby Boomers 17,68%.

    Tokopedia digunakan lebih banyak oleh Baby Boomers sejumlah 13,26%. Sisanya digunakan oleh 9,7% Gen Z, 9,13% Milenial, 9,74% Gen X.


    (dem/dem)

    Saksikan video di bawah ini:

    Video: Pajak e-Commerce, Siapa Untung Siapa Buntung?

    Komentar
    Additional JS