Ramai Keluhan Gagal Top Up GoPay Senin Siang, Saldo Terpotong Tapi Tak Masuk - Kompas
Ramai Keluhan Gagal Top Up GoPay Senin Siang, Saldo Terpotong Tapi Tak Masuk
/data/photo/2025/05/23/68307bf8933b6.jpg)
KOMPAS.com - Sejumlah customer layanan dompet digital GoPay mengeluhkan kegagalan top up pada Senin, (4/8/2025).
Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejumlah customer tampak menyampaikan kendala ini sejak Senin siang sekira pukul 12.00 WIB.
Salah satu costumer, Martin (26), mengatakan bahwa saldo dari rekeningnya sudah terpotong, namun tidak masuk ke akun GoPay miliknya meski sistem mencatat transaksi berhasil.
“Udah top up Rp 300.000 gak masuk. Saldo rekening kepotong tapi gak masuk saldo GoPay. Di history Gojek-nya juga tertulis top up berhasil tapi saldo tetep gak masuk,” ujar Martin kepada Kompas.com, Senin (4/8/2025).
Trump Kecewa Rusia dan Ukraina Tak Kunjung Damai, Putin: Jangan Berharap Lebih
Baca juga: Cara Kafe-kafe di Tebet Siasati Tagihan Royalti Lagu Indonesia
Martin menjelaskan bahwa ia melakukan dua kali transaksi, yakni top up Rp 200.000 pada pukul 12.40 WIB, dan top up Rp 100.000 pada pukul 12.30 WIB
Akibat gangguan tersebut, Martin kesulitan melanjutkan aktivitas harian karena tidak bisa memesan layanan ojek online.
“Imbas error, gue gak bisa naik Gojek dari stasiun ke kantor. Error-nya di jam makan siang, pasti banyak yang kesusahan,” ungkapnya.
Martin juga telah menghubungi layanan bantuan GoPay melalui aplikasi dan diminta untuk mengisi formulir pengaduan.
Namun, hingga wawancara dilakukan, dana masih belum masuk ke akun GoPay miliknya.
Baca juga: Kronologi Pencurian Kalung Berlian di Mal Kawasan Kelapa Gading
Kompas.com telah mencoba melakukan top up GoPay di dua akun yang berbeda. Keduanya berhasil.
Namun, sejumlah customer di platform X masih mengeluhkan kendala ini.
Mereka melaporkan bahwa saldo mereka belum bertambah meski notifikasi menyebutkan transaksi berhasil.
“Gopay lagi ada error kah min? W ngetes pesen Gojek, kupikir cuma saldonya blom keupdate di beranda, ternyata emang blom masuk tapi notifnya bilang udah masuk?” tulis akun @angel1825_.
“Hello @gojekindonesia aku top up gopay 2 kali, ada notif masuk, tp gak ada penambahan saldo. Please help,” tulis @leony_ip.
“Abis top up gopay tapi saldo ga masuk, memang lagi ada kendala atau bagaimana ya?” kata @glowinthedark66.
Baca juga: Website Daftar Tiket Upacara HUT ke-80 RI di Istana Belum Dibuka Senin Pagi
Pernyataan Resmi GoTO
Head of Corporate Communications GoTo Financial, Audrey Petriny, membenarkan bahwa sedang terjadi gangguan teknis yang berdampak pada sebagian pengguna.
“Kami menginformasikan bahwa saat ini sedang terjadi gangguan, di mana beberapa pengguna mengalami saldo tidak ter-update setelah melakukan top up atau transfer,” kata Audrey dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin, (4/8/2025).
Audrey menegaskan bahwa dana pengguna tetap aman dan tidak hilang. Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para pengguna.
“Kami pastikan saldo pengguna aman dan tidak hilang. Tim kami tengah bekerja untuk segera mengatasi masalah ini dan memulihkan layanan secepat mungkin,” lanjutnya.
Audrey mengimbau pengguna untuk hanya menghubungi kanal resmi GoPay jika membutuhkan bantuan lebih lanjut, yaitu melalui Halaman Bantuan di aplikasi GoPay atau email customerservice@gopay.co.id.
Selain itu, pengguna diimbau berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan GoPay.
Baca juga: Gangguan Top Up GoPay dan Keluhan Pengguna: Klik, Potong, Hilang
Sementara itu, dilansir dari halaman bantuan resmi GoPay, berikut langkah yang disarankan untuk mengatasi kendala top up yang belum masuk.
Langkah Awal:
- Pastikan nomor tujuan sudah benar
- Cek halaman “Riwayat Transaksi” – top up yang berhasil akan muncul di sana
- Pastikan saldo GoPay tidak melebihi batas maksimum
- Tutup dan buka kembali aplikasi GoPay
Baca juga: Fenomena Kafe Hening Tanpa Musik: Ketakutan pada Royalti Bikin Suasana Sepi
Jika Saldo Masih Belum Masuk:
Proses top up terkadang membutuhkan waktu lebih lama. Pengguna disarankan untuk menunggu hingga 2×24 jam di hari kerja.
Jika dalam periode tersebut saldo belum masuk, pengguna dapat melaporkan melalui fitur bantuan aplikasi GoPay.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Hamas Tolak Menyerah, Netanyahu Yakin Israel Tak Akan Hancur