15 Rumus Microsoft Excel yang Paling Banyak Digunakan - detik - Opsitek

Informasi Teknologi Pilihan

demo-image

Post Top Ad

demo-image

15 Rumus Microsoft Excel yang Paling Banyak Digunakan - detik

Share This
Responsive Ads Here

 

15 Rumus Microsoft Excel yang Paling Banyak Digunakan

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Jumat, 24 Jun 2022 09:30 WIB



microsoft-excel_169
Foto: dok WeAreMarketing
Jakarta -

Microsoft Excel adalah salah satu software yang termasuk dalam bagian Microsoft Office. Umumnya kita menggunakan rumus-rumus pada excel.

Rumus-rumus pada Microsoft Excel dapat mempermudah pengguna dalam mengelola data. Mengelola data secara manual dapat membuang-buang waktu.

Berikut beberapa rumus Excel yang dapat detikers gunakan:

1. SUM

Rumus SUM digunakan untuk menjumlahkan data pada cell tertentu. Masukkan rumus sesuai dengan data yang akan dijumlahkan.

Rumus: =SUM(C3:C5)

2. MAX

Fungsi dari rumus MAX adalah untuk mengetahui nilai tertinggi dari data yang ada. Tanpa harus memerhatikan satu-persatu nilai pada kolom-kolom tersebut, rumus ini dapat langsung menentukan nilai tertinggi.

Rumus: =MAX(C3:C15)

3. MIN

MIN merupakan rumus kebalikan dari MAX. Rumus min digunakan untuk mencari nilai terendah suatu data.
Rumus: MIN(C3:C15)

4. AVERAGE

Rumus AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata dari sekumpulan nilai.
Rumus: AVERAGE(A1:A30)

5. IF

IF adalah rumus yang digunakan untuk data dengan nilai tertentu. Rumus logika ini dapat menampilkan apakah suatu data bernilai salah atau benar.
Rumus: IF(C3>85;"BAIK";"LULUS")

6. COUNT

Fungsi dari rumus COUNT adalah untuk menghitung jumlah angka dari cell yang diinginkan.
Rumus: COUNT(C3:E3)

7. COUNTA

Rumus COUNTA mirip dengan rumus COUNT. Bedanya, rumus COUN dapat menghitung apapun di luar angka. Dengan begitu, jumlah cell yang tidak kosong juga dapat terhitung.

Rumus: =COUNTA(C1:L1)

8. AND

AND adalah rumus logika yang digunakan menghasilkan nilai true apabila telah teruji benar, dan akan memunculkan nilai false apabila teruji salah dengan seluruh kriteria.

Rumus: AND(B2>55;B2<95)

9. OR

Mirip dengan and, rumus or digunakan untuk benar dan salah hanya dengan salah satu kriteria yang ada.

Rumus: OR(C3<50;C3.100)

10. NOT

Masih berkaitan dengan rumus AND dan OR, rumus NOT akan menilai true pada data yang tidak sesuai dengan kriteria.

Rumus: NOT(C3>100)

11. TRIM

Rumus TRIM digunakan untuk menghapus spasi berlebih yang dapat menimbulkan error yang dikalkulasi. Namun rumus ini hanya dapat digunakan di satu cell saja, artinya rumus ini tidak dapat digunakan secara sekaligus dengan cell lainnya.
Rumus: TRIM(C5)

12. LEN

LEN digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada pada suatu cell . Tidak hanya hurufnya atau angkanya, tetapi juga spasi dan tanda bacanya. Rumus ini hanya dapat digunakan pada satu cell .

Rumus: LEN(C5)

13. VLOOKUP

VLOOKUP berguna untuk menemukan data yang disusun secara vertikal. Rumus VLOOKUP cukup rumit untuk digunakan. Namun apabila penggunaanya sudah dipahami, rumus ini akan sangat mudah dan sangat membantu.

Rumus: =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

14. HLOOKUP

HLOOKUP adalah kebalikan dari rumus VLOOKUP, yaitu mencari data yang disusun secara horizontal.

Rumus: =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

15. CEILING

Rumus CEILING digunakan untuk membulatkan suatu nilai ke nilai di atasnya yang lebih dekat dengan angka yang ingin ditetapkan.

Rumus: =CEILING(C5;100) *100 adalah angka yang ditetapkan sendiri.

Selain rumus-rumus, ada beberapa istilah yang perlu detikers ketahui sebelum menggunakan Microsoft Excel, di antaranya:

a. Sheet

Sheet merupakan sebutan untuk halaman di worksheet Microsoft Excel. Terdapat sheet 1, sheet 2, sheet 3 pada tampilan awal Excel, tetapi sheet tersebut dapat ditambahkan jika dibutuhkan.

b. Column dan Row

Column adalah kolom-kolom yang terletak di worksheet. Secara keseluruhan, terdapat 256 kolom dengan hitungan dari A, B, C, dan seterusnya.

Sedangkan Row adalah baris-baris pada worksheet. Baris-baris ini berjumlah 65536 baris yang dimulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya.

c. Cell

Cell adalah titik temu antara column dan row. Fungsi dari cell adalah untuk menuliskan data yang nantinya akan dikelola, contoh A1, B2, dan sebagainya.

Yup! Semoga rumus-rumus di atas dapat membantu detikers dalam menggunakan Microsoft Excel. Selamat mencoba!



Simak Video "Pertamina-KLHK Manfaatkan Panel Surya di Program Desa Energi Berdikari"
Pemanfaatan_Solar_Cell_untuk_Cukup_AiNRkLY-20220325005853-custom

(nwy/nwy)
Comment Using!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages