Apple Watch Kuasai Pangsa Pasar Smartwatch Dunia, Ditempel Huawei dan Xiaomi -

 

Apple Watch Kuasai Pangsa Pasar Smartwatch Dunia, Ditempel Huawei dan Xiaomi

Suara.com - Perusahaan riset Canalys baru saja menerbitkan laporan terkait keadaan pasar wearable di dunia selama kuartal pertama (Q1) 2022.

Secara total ada 41,7 juta perangkat wearable yang dikirimkan selama periode tersebut.

Perangkat wearable ini dibagi ke dalam tiga bagian, yakni smartband, smartwatch, dan jam tangan biasa.

Jumlah perangkat smartband tercatat mencapai 9,7 juta atau 23,3 persen dari total angka 41,7 juta unit.

Baca Juga:

Sementara sisanya dikuasai oleh jam tangan biasa dan jam tangan pintar (smartwatch) dengan total pengiriman 32 juta unit, sebagaimana dilansir dari Gizmochina, Senin (6/6/2022).

Canalys menyebutkan kalau Apple menempati posisi pertama untuk pangsa pasar perangkat wearable di dunia.

Pengiriman wearable. [Gizmochina]
Pengiriman wearable. [Gizmochina]

Perusahaan asal Cupertino ini memiliki pangsa pasar 22,1 persen dengan total pengiriman 9,2 juta Apple Watch selama Q1 2022.

Model perangkat yang membantu perusahaan menguasai pangsa pasar ini adalah Apple Watch Series 8 dan Apple Watch SE yang memiliki harga lebih terjangkau.

Sementara di posisi kedua ada Huawei. Perusahaan asal China ini naik dari peringkat kedua di tahun sebelumnya, dengan pangsa pasar 11,1 persen dan 4,1 juta unit total pengiriman smartband dan smartwatch.

Baca Juga:

Lalu di posisi ketiga ada Xiaomi yang posisinya disalip Huawei tahun ini. Mereka memiliki pangsa pasar 10,1 persen dengan angka 4,2 juta pengiriman.

Posisi empat dan lima ditempati Samsung dan Fitbit. Samsung mendapatkan pangsa pasar 8,1 persen selama Q1 2022 dengan total 3,4 juta unit pengiriman.

Di bawahnya ada Fitbit dengan pangsa pasar 7 persen di perangkat wearable.

Perusahaan yang sudah diakuisisi Google ini tercatat telah mengirim 2,9 juta unit selama Q1 2022.

Canalys juga melaporkan kalau perangkat gelang pintar atau smartband ini terus mengalami penurunan sejak Q4 2020.

Perangkat ini mengalami penurunan 37 persen di Q1 2022 dari Q4 2021 sebelumnya.

Fitbit Charge 3. [Fitbit]
Fitbit Charge 3. [Fitbit]

Angka pengiriman 9,7 juta unit di periode ini juga menjadi pertama kalinya pasar smartband turun di bawah 10 juta.

Padahal perangkat itu pernah mencapai masa puncaknya pada Q4 2019.

Sementara itu, pasar jam tangan biasa dan jam tangan pintar (smartwatch mengalami pertumbuhan 15 persen secara YoY.

Alasannya, banyak konsumen yang lebih menyukai smartwatch ketimbang smartband.

"Dengan layar lebih besar, fitur lebih banyak, dan masa pakai baterai lebih lama, konsumen yakin jam tangan lebih mampu memenuhi kebutuhan pelacak kesehatan dan gaya hidup digital mereka," kata Analis dari Canalys Research, Sherry Jin.

"Jam tangan basic diposisikan sebagai peningkatan yang terjangkau dari band biasa. Cocok untuk konsumen yang sadar harga dengan ekspektasinya terkait apa yang dapat dilakukan oleh perangkat wearable," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)