Suara.com - Pelaku kejahatan siber saat ini memiliki beragam cara untuk mengelabui target, salah satunya berpura-pura menjadi akun customer service atau CS bank di media sosial.
Umumnya, akun bodong seperti ini akan muncul di media sosial seperti Twitter. Ketika pengguna membuat cuitan berisi keluhan atau pertanyaan seputar bank, akun tersebut akan dengan cepat membalas cuitan pengguna.
Pelaku akan berpura-pura membantu pengguna dengan meminta nasabah mengisi form online. Dalam kasus ini, pengguna harus waspada karena CS bank tidak pernah meminta data pribadi untuk pengecekan online.
Menurut akun Instagram resmi Kemenkominfo, berikut ini ciri-ciri akun bodong bank yang harus dikenali oleh pengguna:
Baca Juga:
- Username akun mirip dengan akun asli suatu bank, sehingga dapat menipu pengguna
- Membalas komentar atau pesan dengan cepat menggunakan bot
- Jika korban membalas, pengguna akan diarahkan untuk bertukar pesan melalui WhatsApp
- Berpura-pura mengajukan pertanyaan untuk mengumpulkan data pribadi korban.
Agar terhindar dari akun bodong bank seperti itu, pengguna disarankan untuk mute notifikasi dari akun yang mencurigakan dan jangan asal mengklik link yang diberikan.
Selain itu, penting diingat bahwa akun CS bank resmi sudah terverifikasi atau memiliki centang biru.
Komentar
Posting Komentar