Wikipedia Didenda Rp400 Juta gara-gara Informasi tentang Militer Rusia - inews

 

Wikipedia Didenda Rp400 Juta gara-gara Informasi tentang Militer Rusia

Wikipedia Didenda Rp400 Juta gara-gara Informasi tentang Militer Rusia
Siluet seorang pria sedang mengakses laman Wikipedia di ponsel (ilustrasi). (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id – Pengadilan Rusia pada Selasa (28/2/2023) menjatuhkan denda kepada Wikimedia Foundation sebesar 2 juta rubel (Rp407,5 juta). Organisasi pemilik laman ensiklopedia bebas Wikipedia itu dituduh telah gagal menghapus “informasi keliru” tentang militer Rusia dari salah satu artikelnya. 

Tak lama setelah Rusia melancarkan agresi militer ke Ukraina, tahun lalu, Rusia memperkenalkan undang-undang baru yang membatasi hal apa saja yang dapat dilaporkan orang-orang tentang konflik itu. Moskow bakal mendenda atau memblokir situs web yang menyebarkan informasi yang bertentangan dengan narasi resmi Kremlin.

Selaku pemilik Wikipedia, Wikimedia juga telah didenda tahun lalu setelah gagal menghapus dua artikel terkait perang di Ukraina, termasuk satu artikel tentang “evaluasi invasi Rusia ke Ukraina 2022”.

Denda kali ini dijatuhkan setelah pihak berwenang Rusia menuduh Wikipedia menyebarkan informasi yang salah dalam artikel tentang unit militer Rusia. Organisasi tersebut menyatakan, mereka akan mengajukan banding atas putusan pengadilan tersebut.

“Sejauh ini, dalam sejarah pengadilan di Rusia, Wikipedia hanya memiliki satu pengalaman sukses dalam mengajukan banding atas putusan pengadilan,” kata Kepala Wikimedia Foundation Cabang Rusia, Stanislav Kozlovskiy, kepada Reuters.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)