PHK 600 Karyawan, Layanan GoTo Tidak Terganggu - Beritasatu

PHK 600 Karyawan, Layanan GoTo Tidak Terganggu

Jumat, 10 Maret 2023 | 19:26 WIB
Oleh: Thresa Sandra Desfika / FMB

Ilustrasi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).
Ilustrasi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). (Foto: Dok.)

Jakarta, Beritasatu.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mem-PHK (putus hubungan kerja) sekitar 600 karyawannya dalam upayanya membangun perusahaan yang berkelanjutan, menguntungkan, dan dapat terus memberikan dampak positif jangka panjang bagi jutaan orang.

Advertisement

“Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, kami melakukan kajian secara menyeluruh dan terus menerus, untuk menentukan peningkatan yang dapat dilakukan di setiap kegiatan bisnis. Kajian tersebut telah mengidentifikasi sejumlah penyesuaian yang perlu dilakukan untuk memperkuat operasional perusahaan,” ungkap GoTo Group Corporate Secretary Koesoemohadiani dalam keterangannya, Jumat (10/3/2023).

Upaya perampingan lainnya mencakup konsolidasi sejumlah bisnis dan tim dalam ekosistem GOTO supaya lebih siap untuk menanggapi permintaan pasar.

“Sebagai contoh, kami melakukan desain ulang pada bisnis offline merchant di GoTo Financial dan menyatukan dua tim offline merchant. Penyesuaian seperti ini akan membantu kami memberikan layanan yang lebih baik kepada merchant, sekaligus mengurangi biaya,” lanjutnya.

Advertisement

Konsolidasi dan sentralisasi yang dilakukan untuk beberapa fungsi penunjang bisnis diharapkan akan mampu untuk menghadirkan layanan berkualitas tinggi di seluruh ekosistem, sekaligus menghindari adanya duplikasi fungsi dalam unit bisnis.

GoTo juga meninjau kembali skala prioritas, dan akan mengurangi skala atau menunda kegiatan bisnis serta inisiatif yang bukan merupakan layanan inti.

“Contohnya, kami akan mengurangi beberapa bagian dari layanan Mitra Tokopedia, agar sumber daya perusahaan dapat difokuskan pada kegiatan yang akan mendorong dampak lebih besar. Dalam kondisi di mana kebutuhan perekrutan menurun, kami juga melakukan restrukturisasi di tim rekrutmen. Teknologi akan memegang peran penting dalam percepatan eksekusi, mengurangi proses manual dan margin of error serta meningkatkan layanan. Hal ini juga meliputi kehadiran perangkat teknologi baru untuk operasional, layanan serta pengelolaan data yang lebih lancar,” papar Koesoemohadiani.

Karyawan yang terdampak akan memperoleh dukungan dari perusahaan selama masa transisi, di mana dukungan yang diberikan akan lebih dari yang diwajibkan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dan mencakup dukungan finansial, karier, dan kesejahteraan. Langkah penyesuaian ini tidak akan memengaruhi layanan yang diberikan GoTo kepada konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang.

“Setiap karyawan telah berperan penting dalam perjalanan GoTo, dan kami sangat mengapresiasi kontribusi mereka dalam membangun bisnis dan bersama-sama mendukung GoTo untuk mencapai misi perusahaan,” pungkasnya.

GoTo menargetkan akan meraih profit atau lebih cepat dari target. GoTo menyampaikan target EBITDA yang disesuaikan akan positif pada kuartal IV 2023 dari target sebelumnya kuartal II 2025.

Strategi GoTo meliputi optimisasi pendapatan (revenue optimization), pengelolaan beban usaha (cost management), serta pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi (ecosystem product growth).

Artikel ini telah tayang di Investor.id dengan judul: GOTO PHK 600 Karyawan

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin