3 Mahasiswa Terjebak Saat Hiking, Selamat Berkat SOS iPhone 14 - detik

 

3 Mahasiswa Terjebak Saat Hiking, Selamat Berkat SOS iPhone 14

By Josina
detikcom
April 26, 2023
Foto: Gettyimages - Justin Sullivan
Foto: Gettyimages - Justin Sullivan
Jakarta-

Sejak seri iPhone 14 dirilis dengan fitur Emergency SOS via Satellite pada tahun lalu, telah banyak kisah bagaimana fitur tersebut digunakan untuk membantu pengguna iPhone dalam situasi yang sulit dan mencekam.

Seperti diketahui, fitur Emergency SOS via Satellite memungkinkan pengguna dapat menghubungi layanan darurat meski tidak memiliki koneksi seluler. Nah, yang terbaru fitur ini berhasil menyelamatkan tiga nyawa mahasiswa yang terjebak saat perjalanan hiking.

Dikutip detikINET dari Ubergizmo, dilaporkan ada tiga mahasiswa dari Brigham Young University (BYU College) berhasil ditemukan di Grand Canyon, Utah setelah terjebak saat melakukan perjalanan hiking.

Diketahui ketiga mahasiswa ini sedang melakukan penelitian dengan melakukan perjalanan hiking, namun mereka harus menghadapi tantangan tak terduga ketika mereka mencapai satu kolam yang dalam.

Ketika mereka mencapai kolam yang dalam, yang lebih sulit dinavigasi daripada yang mereka perkirakan, akhirnya salah satu siswa mengalami gejala hipotermia setelah terjebak di dalam air selama beberapa jam.

Area di mana para siswa terdampar dekat dengfan dinding batu terjal, dan mereka tidak memiliki konektivitas seluler tradisional. Beruntung, mereka dapat menggunakan SOS Darurat iPhone 14 melalui satelit untuk berkomunikasi dengan petugas penyelamat dengan koneksi satelit sekitar sekali setiap 20 menit untuk mengirim pesan teks.

Para siswa dapat berbagi lokasi mereka dengan layanan darurat, yang memungkinkan tim penyelamat menemukan mereka. Tim SAR menggunakan helikopter untuk menurunkan penyelamat dan mengangkat mereka ke tempat aman satu per satu.

SOS Darurat melalui fitur Satelit memungkinkan perpesanan dengan layanan darurat saat berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi. Setelah iPhone terhubung ke satelit, layanan darurat dapat dihubungi terlepas dari koneksi seluler dan Wi-Fi.

Konektivitas satelit juga dapat digunakan untuk berbagi lokasi dengan teman dan keluarga melalui Find My. Fitur-fitur baru itu ternyata terbukti berhasil menolong dalam situasi darurat.

Simak Video "Prediksi Desain iPhone Ultra"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)