Begini Cara Cari SPKLU Selama Arus Balik Mudik Lebaran - Medcom

 

Begini Cara Cari SPKLU Selama Arus Balik Mudik Lebaran

Ekawan Raharja - 25 April 2023 11:44 WIB
Begini Cara Cari SPKLU Selama Arus Balik Mudik Lebaran
Ilustrasi SPKLU. PLN
Jakarta: Mudik dengan menggunakan mobil listrik memang menjadi pengalaman tersendiri dan masih jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Nah kini menghadapi arus balik mudik lebaran 2023, para pemudik yang mengendarai mobil listrik harus paham lokasi-lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Buku Panduan Mudik 2023 yang diterbitkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencantumkan bagaimana cara mencari SPKLU menggunakan aplikasi Google Maps. Berikut panduannya;
  1. Buka aplikasi Google Maps, pastikan GPS kamu aktif;
  2. Pilih Lainya/More, selanjutnya pilih kategori Layanan/Categories. Nantinya, terdapat pilihan Pengisian daya kendaraan listrik/Electric vehicle charging;
  3. Google Maps akan menampilkan titik keberadaan SPKLU di sekitar lokasi atau jauh dari lokasi kamu;
  4. Langkah selanjutnya untuk mengetahui SPKLU tersebut, atur filter jarak dan waktu buka/beroperasi di bagian atas;
  5. Google Maps akan memberi petunjuk arah ke lokasi SPKLU terdekat yang masih beroperasi.

PLN menyiapkan sebaran SPKLU sebanyak 616 SPKLU di 237 Lokasi di Indonesia, diantaranya terletak pada rest area jalan tol di jalur mudik yakni di sembilan titik di Tol Trans Jawa, dan enam titik di Tol Trans Sumatra.

Baca Juga:
6 Antisipasi Wajib Menggunakan Motor untuk Jarak Jauh


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan hingga saat ini total 616 SPKLU yang tersebar di 237 lokasi di Indonesia dapat di manfaatkan oleh pengguna kendaraan listrik. Seluruh SPKLU ini menurutnya, siap melayani pengisian daya kendaraan listrik saat mudik lebaran.

Adapun sebaran 616 SPKLU yang tersebar pada 237 lokasi; Pulau Jawa 171 lokasi, Bali 34 lokasi, Sumatra 35 lokasi, Kalimantan 12 lokasi, Sulawesi 14 lokasi, Maluku 2 lokasi, Nusa Tenggara 9 lokasi dan Papua 2 lokasi.

Ada 9 lokasi SPKLU yang berada di rest area di sepanjang Tol Trans Jawa diantaranya: Rest Area Kilometer 519 A (Solo-Ngawi); Rest Area KM 519 B (Ngawi-Solo); Rest Area KM 389 B (Batang-Semarang); Rest Area KM 379 A (Semarang-Batang); Rest Area KM 626 B (Kertosono-Madiun); Rest Area KM 207 A (Palikanci); Rest Area 208 B (Palikanci); Rest Area KM 10,6 Tol Jagorawi; dan Rest Area KM 6 (Jakarta-Cikampek).

SPKLU di Tol Trans Sumatra yang bisa digunakan diantaranya; Rest Area KM 20 B Lampung (Tol Bakauheni–Kayu Agung); Rest Area KM 49 A Lampung–Palembang; Rest Area KM 163 A Lampung Tengah; Rest Area KM 172 B Tulang Bawang Barat; Rest Area KM 269 Terpeka (Tol Bakauheni–Kayu Agung); dan Rest Area KM 277 Terpeka (Tol Bakauheni–Kayu Agung).(UDA)
  • Share on Whatsapp
  • Share on Line
  • Share on Twitter
  • Share on Facebook

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)