Ikuti AS, Australia Larang TikTok Digunakan di Perangkat Pemerintah - Tempo

 

Ikuti AS, Australia Larang TikTok Digunakan di Perangkat Pemerintah

Selasa, 4 April 2023 14:19 WIB

TEMPO.COJakarta -  Australia melarang TikTok digunakan di perangkat milik pemerintah federal karena masalah keamanan, Selasa, 4 April 2023. Mereka menjadi negara sekutu AS terbaru yang mengambil tindakan terhadap aplikasi video milik China itu.

Larangan tersebut menggarisbawahi kekhawatiran yang berkembang bahwa China dapat menggunakan perusahaan berbasis di Beijing, yang dimiliki oleh ByteDance Ltd, untuk mengambil data pengguna guna memajukan agenda politiknya, merusak kepentingan keamanan Barat.

Baca Juga:

Tindakan ini berisiko memperbaharui ketegangan diplomatik antara Australia dan mitra dagang terbesarnya setelah keadaan agak mereda sejak Perdana Menteri Anthony Albanese menjabat pada bulan Mei sebagai kepala pemerintahan Partai Buruh.

TikTok mengatakan sangat kecewa dengan keputusan Australia, menyebutnya "didorong oleh politik, bukan fakta".

Larangan itu akan mulai berlaku "secepat mungkin", kata Jaksa Agung Mark Dreyfus dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa pengecualian hanya akan diberikan berdasarkan kasus per kasus dan dengan langkah-langkah keamanan yang sesuai.

Baca Juga:

Dengan larangan Australia, semua anggota jaringan berbagi data intelijen Five Eyes - yang terdiri dari Australia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, dan Selandia Baru - telah melarang aplikasi tersebut dari perangkat pemerintah. Prancis, Belgia, dan Komisi Eropa telah mengumumkan larangan serupa.

CEO TikTok Shou Zi Chew, dalam kesaksiannya di hadapan Kongres AS bulan lalu, berulang kali membantah bahwa aplikasi tersebut membagikan data atau memiliki hubungan dengan Partai Komunis China.

Manajer Umum TikTok Australia dan Selandia Baru Lee Hunter mengatakan TikTok menyayangkan keputusan itu.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa TikTok merupakan risiko keamanan bagi warga Australia, sehingga tidak boleh diperlakukan berbeda dengan platform media sosial lainnya," kata Hunter dalam sebuah pernyataan.

Surat kabar Australia pada Senin malam melaporkan Albanese menyetujui larangan tersebut setelah ditinjau oleh Departemen Dalam Negeri.

Dreyfus mengonfirmasi bahwa pemerintah federal baru-baru ini menerima laporan "Tinjauan terhadap Interferensi Asing melalui Aplikasi Media Sosial" dan bahwa rekomendasinya tetap dipertimbangkan.

Larangan itu datang pada saat pejabat Australia dan China mengadakan pembicaraan di Beijing dalam upaya untuk menormalisasi perdagangan saat Organisasi Perdagangan Dunia bersiap untuk merilis temuan ke dalam pengaduan Australia tentang tarif jelai.

Pada 2018, Australia melarang Huawei China menyediakan peralatan jaringan 5G, yang membuat marah China. Hubungan semakin memburuk setelah Canberra menyerukan penyelidikan independen tentang asal mula Covid-19.

China merespons dengan mengenakan tarif pada komoditas Australia.

Anggota parlemen Australia masih dapat menggunakan TikTok di telepon pribadi tetapi beberapa, termasuk Menteri Layanan Pemerintah federal Bill Shorten dan Perdana Menteri negara bagian Victoria Daniel Andrews, memutuskan untuk menghapus akun mereka.

Negara bagian Victoria juga akan melarang aplikasi tersebut pada telepon milik pemerintah negara bagian, kata seorang juru bicara pemerintah kepada Reuters.

Sementara TikTok mendapat tekanan yang meningkat atas potensi pengaruh China atas platform tersebut, mereka uga menghadapi kritik atas pengaruhnya terhadap anak-anak.

TikTok mengatakan pemerintahan Presiden Joe Biden menuntut pemiliknya di China melepaskan saham mereka atau menghadapi potensi larangan AS.

REUTERS | CBSNEWS

8 Negara Blokir Aplikasi Tiktok, Australia Menyusul

10 menit lalu

keamanan data menjadi salah satu alasan kenapa aplikasi TikTok diblokir dan dibatasi di negara-negara ini

Kabar Terbaru TikTok: Dilarang di Perangkat Pemerintah Australia, Didenda Rp236 Miliar di Inggris

2 jam lalu

TikTok kembali diterjang masalah. Terbaru, TikTok dilarang digunakan di perangkat pemerintah Australia dan didenda Rp236 miliar di Inggris.

AS Tewaskan Pemimpin Senior ISIS di Suriah, Ditembak Drone saat Menelepon

3 jam lalu

Militer AS mengklaim menewaskan seorang pemimpin senior Negara Islam atau IS/ISIS di Suriah, Khalid 'Aydd Ahmad al-Jabouri

Donald Trump Diadili, Begini Tanggapan Gedung Putih

5 jam lalu

Donald Trump menjadi mantan presiden Amerika Serikat pertama yang menghadapi tuntutan pidana.

Top 3 Dunia: AS Pesan Rudal JAGM, MbS Mencoba Lepas dari AS

7 jam lalu

Berita Top 3 Dunia pada Selasa 4 April 2023 diawali oleh kabar Pentagon berupaya membangun stok senjata untuk menghalangi meluasnya pengaruh China

Donald Trump Diadili, Mengaku Tak Bersalah atas 34 Tuduhan

8 jam lalu

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump diadili atas lusinan dakwaan terkait pembayaran uang tutup mulut.

Ketua DPR AS Akan Bertemu Presiden Taiwan Besok, Begini Ancaman China

16 jam lalu

China memperingatkan Ketua Kevin McCarthy agar tidak bertemu Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

TikTok Didenda Rp236 Miliar di Inggris, Gara-gara Ini

17 jam lalu

Inggris mendenda TikTok karena menggunakan data pribadi anak-anak berusia di bawah 13 tahun tanpa persetujuan orang tua.

Transplantasi Jantung 54 Tahun Lalu, Saat Dokter di AS Sukses Tanamkan Jantung Artifisial Pertama

17 jam lalu

Sebelum Cooley, transplantasi jantung sejatinya telah beberapa kali coba dilakukan, namun belum sempurna.

Ketika MbS Mencoba Melepaskan Arab Saudi dari Ketergantungan pada AS

19 jam lalu

MbS banyak memodernisasi perekonomian, merangkul musuh tradisionalnya, sampai pelan-pelan melepaskan diri dari pelindung utamanya, Amerika Serikat.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)