Kehilangan Kontak, Robot Ruang Angkasa Jepang Diduga Gagal Mendarat di Bulan By BeritaSatu

 

Kehilangan Kontak, Robot Ruang Angkasa Jepang Diduga Gagal Mendarat di Bulan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 25, 2023
Saat-saat terakhir upaya pendaratan Hakuto-R di Bulan pada 25 April 2023.
Saat-saat terakhir upaya pendaratan Hakuto-R di Bulan pada 25 April 2023.

Jepang, Beritasatu.com - Robot Hakuto-R yang dioperasikan oleh perusahaan ispace yang berbasis di Tokyo, tampaknya gagal untuk mendarat di Bulan. Robot Hakuto-R tengah berupaya untuk menjadi pesawat ruang angkasa swasta pertama, dan kendaraan buatan Jepang pertama, yang pernah mendarat dengan sempurna di Bulan.

Robot Hakuto-R diasumsikan gagal mendarat setelah ispace kehilangan kontak dengan Hakuto-R selama proses pendaratan. ispace akan terus melakukan kontak dan menentukan apa yang terjadi.

"Kami harus berasumsi bahwa kami tidak dapat menyelesaikan pendaratan di permukaan Bulan," kata pendiri dan CEO ispace Takeshi Hakamada dikutip Beritasatu.com dari laman Space, Rabu (26/4/2023).

Semula, Hakuto-R ditargetkan mendarat di orbit Bulan di kawah Atlas. Jika semua berjalan sesuai rencana, Hakuto-R Mission 1 milik ispace akan mulai turun ke permukaan Bulan sekitar pukul 15.40 GMT, Selasa (25/4/2023).

Jika upaya robot Hakuto-R benar-benar gagal, pesawat penjelajah buatan pemerintah dari Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok akan tetap menjadi satu-satunya penjelajah robot yang berhasil mendarat di bulan.

Pendarat Jepang juga bukan pesawat pribadi pertama yang mencoba mendarat di bulan dengan lembut. Pesawat ruang angkasa Beresheet Israel mencobanya pada April 2019, tetapi gagal juga.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin