Link CCTV Online Pantau Jalan Tol untuk Arus Balik Lebaran - detikinet

 

Link CCTV Online Pantau Jalan Tol untuk Arus Balik Lebaran

Mahendra Lavidava - detikInet
Rabu, 26 Apr 2023 11:00 WIB
Foto udara antrean sejumlah kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023). Lalu lintas arus balik menuju Jakarta pada arus balik H+3 terpantau rami lancar dan pemberlakuan contraflow sampai KM 47 Jakarta-Cikampek hingga pukul 24.00 WIB. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/YU
Link CCTV Online Pantau Jalan Tol untuk Arus Balik Lebaran. Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta-

Arus balik Lebaran 2023 mulai terjadi, dalam kurun waktu 24-25 April 2023 untuk gelombang pertama, dan 30 April 2023 untuk gelombang kedua. Tanggal-tanggal tersebut perlu dicermati agar pengendara terhindar dari kemacetan selama arus balik.

Namun, selain mencermati tanggal-tanggal yang sudah ada, pengendara juga bisa mengecek kemacetan yang terjadi di sepanjang jalur yang akan dilewati nanti. Cara tersebut adalah memantau melalui CCTV yang bisa diakses melalui ponsel.

Berikut detikINET bagikan link CCTV yang bisa digunakan untuk memantau Jalan Tol selama arus balik Lebaran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rekomendasi pertama adalah website dari Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, yang menyediakan akses CCTV di seluruh Indonesia. Inilah cara menggunakannya:

1. Buka situs Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR disini: https://bpjt.pu.go.id/cctv/cctv_inframe
2. Setelah itu, nantinya akan langsung tersedia nama-nama ruas jalan tol yang ada di Indonesia.
3. Pastikan pengendara tahu nama jalan tol yang akan dilewati selama arus balik.
4. Jika sudah, pilih nama jalan tol sesuai yang akan dilewati nantinya.
5. Nantinya pengendara akan bisa melihat tayangan CCTV secara langsung dengan kualitas gambar yang baik.
6. Pengendara juga bisa mengecek berapa CCTV yang online dan offline sebelum mengklik pilihan CCTV yang ingin diakses.
7. Jika ingin melihat berapa biaya tol yang akan dikeluarkan nantinya, pengendara bisa pilih opsi Tarif Tol di bar atas. Lalu, klik Cek Tarif Tol untuk mengetahui besaran biaya yang akan dikeluarkan.

Rekomendasi kedua adalah website dari Bina Marga Kementerian PUPR. Website ini juga menyediakan akses ke jalan tol dan non-tol di seluruh Indonesia. Berikut caranya.

1. Akses website Bina Marga Kementerian PUPR di perambang masing-masing melalui link ini: https://binamarga.pu.go.id/contents/cctv_mudik#cctv
2. Dari menu yang tersedia, pilih CCTV Tol atau CCTV Non Tol. Jika memilih CCTV Tol, nantinya akan tersaji berbagai ruas jalan tol yang tersebar di Indonesia.
3. Jika ingin mengakses CCTV Tol, pilih ruas jalan tol sesuai yang akan dilewati pada saat arus balik nanti. Kalian juga bisa melihat berapa CCTV yang online dan offline.
4. CCTV Tol akan disiarkan secara langsung dari Ruas Tol yang dipilih.
5. Kalian juga bisa mengakses prakiraan cuaca BMKG dan melihat besaran tarif tol yang akan dikeluarkan nanti dengan memilih opsi Tarif dan Navigasi Tol di menu yang tersedia.

Dengan mengakses CCTV online, kita bisa melihat apakah jalur yang dilewati akan mengalami kemacetan atau tidak. Dengan demikian, kita masih memiliki cukup waktu untuk mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan tersebut.

Melalui akses CCTV online yang disediakan pemerintah, kita bisa mudik dengan nyaman dan terhindar dari kemacetan. Selamat kembali ke rumah masing-masing detikers.

*Artikel ini ditulis oleh Mahendra Lavidavayastama peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.



Simak Video "Mau Balik Arah Jakarta? Ini Jadwal One Way-Contraflow Lebaran 2023"

(fyk/fyk)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)