Optimalkan Chromebook, Pemkot Madiun Gelar Pelatihan Guru - Harianbhirawa

 

Optimalkan Chromebook, Pemkot Madiun Gelar Pelatihan Guru

By Danu Setiawan
harianbhirawa.co.id
Suasana Pelatihan Implementasi Pembelajaran Digital dengan Chromebook khususnya kepada guru, pengawas, dan kepala sekolah di gedung Diklat, Selasa
Suasana Pelatihan Implementasi Pembelajaran Digital dengan Chromebook khususnya kepada guru, pengawas, dan kepala sekolah di gedung Diklat, Selasa
Kota Madiun, Bhirawa
Laptop gratis untuk pelajar telah dibagikan. Mengoptimalkan pembelajaran, Pemerintah Kota Madiun menggelar sejumlah pelatihan. Khususnya kepada guru, pengawas, dan kepala sekolah. Hal itu perlu mengingat laptop yang saat ini dibagikan sedikit berbeda dengan yang sebelumnya.

“Kalau guru kan faimilier dengan windows. Tetapi yang saat ini kan berupa chromebook. Operating system-nya beda,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati usai, pembukaan Pelatihan Implementasi Pembelajaran Digital dengan Chromebook di gedung diklat, Selasa (11/4).

Sebanyak 9.400 laptop pengadaan 2023 ini memang berupa chromebook. Chromebook adalah komputer jinjing yang menjalankan sistem operasi ChromeOS bikinan Google. Pelatihan pun mendatangkan ahli dari Google Indonesia. Pelatihan diharapkan memberikan pemahaman bagi guru sebelum digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

“Jadi guru tentu harus paham dulu sebelum mengajarkan kepada anak-anak. Apalagi, didalamnya sudah sekaligus terdapat materi pembelajaran,” jelasnya.

Chromebook bermerk Acer Celeron tersebut memang telah didaftarkan dengan pusat data dan informasi (Pusdatin) kementerian. Yakni, di belajar.id. Artinya, di dalam chromebook telah berisi materi-matari kurikulum merdeka belajar yang diterapkan saat ini. Lismawati menyebut guru harus bisa mengakses hal-hal tersebut.

“Chromebook ini sudah kita enrolment dengan Pusdatin, belajar.id. Semua materi ada disitu, bagaimana mengaksesnya guru harus tahu. Seperti yang disampaikan bapak wali kota, bahwa fasilitas yang canggih harus diikuti dengan SDM yang juga terlatih,” ungkapnya.

Kegiatan diikuti setidaknya 215 guru, pengawas, dan kepala sekolah SD dan SMP negeri di Kota Madiun. Kegiatan terbagi dalam dua lokasi. Selain di gedung diklat, pelatihan juga berlangsung di SMPN 4 Kota Madiun. Pelatihan tersebut berlangsung dua hari. [dar.why]

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin