SpaceX raih kontrak dari NASA untuk De-orbit ISS pada 2030 - Tek id

SpaceX Starship Bakal Bawa Kendaraan Penjelajah Baru dalam Misi ke Bulan Tahun 2026 - Okezone

 

SpaceX Starship Bakal Bawa Kendaraan Penjelajah Baru dalam Misi ke Bulan Tahun 2026

2-3 minutesSpaceX Starship Bakal Bawa Kendaraan Penjelajah Baru dalam Misi ke Bulan Tahun 2026
SpaceX Starship Bakal Bawa Kendaraan Penjelajah Baru dalam Misi ke Bulan Tahun 2026

SpaceX bersama dengan perusahaan startup Astrolab telah menandatangani kesepakatan bersama untuk meluncurkan Flexible Logistics and Exploration (FLEX) dalam misi kargo Starship ke bulan. Rencananya, misi ini akan diluncurkan pada pertengahan 2026.

Astrolab membangun sebuah kendaraan penjelajah yang bisa membawa peralatan, persediaan, dan orang saat menjelajahi permukaan bulan.

FLEX digadang-gadang akan menjadi kenderaan penjelajah terbesar dan paling serbaguna yang pernah meluncur ke bulan.

Secara visual, dikutip dari Space, sebuah gambar memperlihatkan FLEX berukuran sedikit lebih kecil dari mobil empat pintu dengan bobot sekitar dua ton dan ruang muatan kargo penuh.

Kendaraan ini juga mampu mengangkut maksimal dua astronaut yang mengemudikannya di panel onboard. FLEX juga dirancang agar bisa dikemudikan jarak jauh, sekalipun dalam keadaan tidak ada operator.

Lengan robotik juga disematkan untuk memodulasi area kargo modular kapal agar mampu menampung berbagai alat ilmiah dan teknologi komersial lainnya.

FLEX dibuat berdasarkan persyaratan spesifikasi Lunar Terrain Vehicle (LTV) milik NASA. Kendaraan buatan Astrolab ini diharapkan bisa memenuhi standar tersebut agar mampu menjelajahi bulan sekaligus mendukung program Artemis.

Tak hanya untuk misi ke bulan, FLEX diharapkan bisa membantu misi ke Mars di masa yang akan datang.

“Kami telah menciptakan sistem logistik yang dapat menampung berbagai macam kargo. Kami berharap bahwa pendekatan ini akan membantu membangun pos terdepan bulan permanen di bulan dengan biaya lebih rendah dan dalam waktu kurang dari yang dibayangkan sebelumnya,” kata CEO Astrolab, Jarret Mathews.

FLEX akan meluncur pada SpaceX Starship dengan pendorong Super Heavy. Setelah beroperasi, misi Starship diharapkan bisa membawa 100 ton ke orbit. Astrolab juga telah menandatangani perjanjian membawa muatan pelanggan pada misi pertama FLEX.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin