Wujud Kota Cerdas, IKN Adopsi Teknologi Smart Lighting By BeritaSatu

 

Wujud Kota Cerdas, IKN Adopsi Teknologi Smart Lighting

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 25, 2023
Menteri Perhubungan
Menteri Perhubungan

Jakarta, Beritasatu.com - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mempertimbangkan penggunaan teknologi pencahayaan pintar atau smart lighting untuk menciptakan kota cerdas dan ramah lingkungan.

Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari perencanaan jangka panjang dalam mengembangkan ibu kota baru Indonesia.

"Teknologi smart lighting dapat memberikan banyak manfaat seperti penghematan biaya yang signifikan, pengurangan emisi karbon, dan polusi cahaya," kata Jaka Santos, Selasa (25/4/2023).

Jaka menjelaskan, penggunaan teknologi smart lighting dapat merevolusi cara menerangi kota menjadikannya lebih hemat energi, lebih aman, dan ramah lingkungan.

Eksplorasi Otorita IKN terhadap teknologi ini dapat menjadikannya contoh positif bagi kota-kota lain di Indonesia dan dunia untuk mengikuti upaya mereka menuju tata kehidupan yang berkelanjutan.

“Teknologi smart lighting hanyalah salah satu dari banyak pendekatan inovatif yang sedang dieksplorasi Otorita IKN untuk menciptakan kota yang berkelanjutan, cerdas, dan layak huni. Upaya mereka sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, khususnya Tujuan 11 - Kota dan Komunitas Berkelanjutan, dan Tujuan 13 - Aksi Iklim,” kata Jaka Santos.

Menurut Jaka, dengan mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon melalui pencahayaan pintar, IKN Nusantara juga akan berkontribusi pada upaya Indonesia untuk memitigasi dampak perubahan iklim.

Selain itu, tambah Jaka, teknologi pencahayaan pintar juga akan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terjamin bagi penghuni dan pengunjung.

"Pengembangan IKN Nusantara sebagai kota yang cerdas dan berkelanjutan bukan hanya tentang menciptakan kota modern tetapi juga tentang menciptakan kota yang layak huni dan tangguh bagi masyarakatnya,” kata dia.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)