Transfer File dari PC ke Ponsel Lebih Cepat, Google Luncurkan Nearby Share di Windows - Jawa Pos

 

Transfer File dari PC ke Ponsel Lebih Cepat, Google Luncurkan Nearby Share di Windows

By Rian Alfianto
jawapos.com
April 7, 2023
Ilustrasi: Google hadirkan Nearby Share beta di Windows.
Ilustrasi: Google hadirkan Nearby Share beta di Windows.

JawaPos.com - Seringkali proses mengirim atau mentransfer file dari PC ke ponsel atau sebaliknya memakan waktu dan proses yang tak mudah. Dengan nirkabel atau solusi wireless, kecepatan yang dijanjikan juga tak seberapa cepat.

Menjawab masalah tersebut, saat di acara Consumer Electronic Show (CES) 2022 yang lalu, Google berbicara tentang bagaimana meningkatkan integrasi Android dengan ekosistem Windows dalam beberapa cara. Nearby Share atau Berbagi Terdekat adalah salah satu fitur yang dijanjikan untuk sistem operasi atau OS desktop Microsoft.

Sekarang, raksasa teknologi itu telah meluncurkan aplikasi Beta Nearby Share untuk Windows, membuatnya jauh lebih mudah untuk mentransfer file antara ponsel dan PC. Anda dapat mengunduhnya sekarang dari situs web Android, selama komputer Anda menjalankan Windows 10 versi 64-bit ke atas dan tidak ditenagai oleh prosesor ARM.

Anda harus mengaktifkan WiFi dan Bluetooth PC Anda agar fitur tersebut berfungsi. Selain itu, Anda juga dapat memilih siapa yang dapat melihat perangkat Anda dan mengirimi Anda file untuk menangkis pesan spam potensial.

Di bawah menu drop-down untuk pengaturan visibilitas perangkat, Anda dapat memilih untuk membuat PC Anda terlihat oleh semua orang, kontak Anda, hanya perangkat Anda sendiri, atau tidak ada orang saat ini. Kecuali Anda memilih opsi terakhir, perangkat Android akan dapat berbagi file dengan komputer Anda, baik aplikasi terbuka atau hanya berjalan di latar belakang.

Kemudian, karena menjanjikan kemudahan, untuk mengirim file dari PC Anda ke ponsel Android, cukup seret atau jatuhkan (drag and drop) ke aplikasi Nearby Share. Atau bisa juga, klik kanan file tersebut dan pilih opsi Nearby Share.

Jika Anda memiliki kedua perangkat dan keduanya masuk ke akun Google yang sama, transfer akan diterima secara otomatis meskipun layar penerima mati. Namun perlu dicatat bahwa kedua perangkat harus berada dalam jarak maksimal lima meter satu sama lain.

Google telah merilis Nearby Share untuk wilayah Amerika Serikat (AS) dan sebagian besar negara di seluruh dunia, dengan beberapa pengecualian. Dikatakan juga bahwa sementara aplikasi beta saat ini hanya berfungsi dengan ponsel dan tablet Android, itu akan memperluas kompatibilitasnya di seluruh ekosistem perusahaan.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)