Kaspersky Who Calls Janji Bisa Tangkal Penelpon Spam dan Penipu di HP - Detik

 

Kaspersky Who Calls Janji Bisa Tangkal Penelpon Spam dan Penipu di HP

By Adi Fida Rahman
detikcom
June 20, 2023
Kaspersky Who Calls Janjikan Bisa Tangkal Penelpon Spam dan Penipu di HP. Foto: Kaspersky
Kaspersky Who Calls Janjikan Bisa Tangkal Penelpon Spam dan Penipu di HP. Foto: Kaspersky
Jakarta-

Sudah terganggu dengan telpon telemarketer kartu kredit hingga asuransi, kita makin dibuat kesal dengan maraknya telpon dari penipu. Menangkal hal tersebut, Kaspersky merilis aplikasi barunya di Indonesia.

Kaspersky Who Calls, demikian nama aplikasi tersebut. Aplikasi ini dijanjikan dapat bantu pengguna melawan spam dan penipuan seluler dengan mendeteksi penelepon dari nomor tidak dikenal maupun berasal dari sumber yang sah.

Kaspersky menyadari selama dua tahun terakhir penipuan seluler menjadi salah satu jenis penipuan paling populer di Indonesia, dengan setengah (49,95%) pengguna menghadapi spam telepon dari Desember 2022 - Januari 2023. Selanjutnya, 7,4 persen menerima telepon dari nomor yang mereka anggap sebagai penipuan setidaknya sekali.

"Indonesia terus menjadi negara yang menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam adopsi teknologi dan informasi yang ditandai dengan peningkatan jumlah pengguna internet dan ponsel cerdas dalam beberapa tahun terakhir. Demikian pula, penipuan online melalui panggilan telepon spam terus menjadi taktik yang dipilih oleh penjahat dunia maya di negara ini, Adrian Hia memperingatkan, Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky.

Kaspersky Who Calls menampilkan algoritme pembelajaran mesin yang membantu aplikasi mengidentifikasi spammer dan scammer potensial. Selain itu, pengguna dapat menambahkan sendiri nomor yang mencurigakan ke basis data spammer.

Kaspersky Who Calls Foto: Kaspersky
Kaspersky Who Calls Foto: Kaspersky

Untuk mengidentifikasi panggilan tak dikenal, aplikasi diaktifkan tanpa memerlukan informasi sensitif seperti nomor telepon pengguna. Selain itu, untuk menggunakan Kaspersky Who Call, pengguna tidak perlu mendaftarkan nomor telepon, atau data sensitif lainnya.

Kaspersky Who Calls tersedia dalam tiga versi, yakni gratis, berlangganan bulanan, atau berlangganan tahunan dengan masa percobaan gratis selama seminggu. Ketiga versi ini punya fungsionalitas dasar aplikasi berupa deteksi panggilan penipuan dan spam.

Versi berbayar memiliki lebih banyak fitur tambahan, misalnya memungkinkan untuk memblokir nomor yang tidak diinginkan berdasarkan kategori dan tidak akan melihat iklan di dalam aplikasi.. Untuk pemilik perangkat iOS, detail nama dan kategori organisasi juga tersedia.

Kaspersky Who Calls dapat diunduh gratis di Play Store dan App Store. Untuk berlangganan, Kaspersky mematok tarif Rp 35 ribu per bulan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin