30 mesin pencari keamanan siber terbaik untuk tahun 2024 - tek id

Analog Switch Off, Sisa 19 Stasiun TV yang Belum Migrasi ke TV Digital By BeritaSatu

 

Analog Switch Off, Sisa 19 Stasiun TV yang Belum Migrasi ke TV Digital

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Pedagang melayani pembeli set top box
Pedagang melayani pembeli set top box

Jakarta, Beritasatu.com - Program migrasi TV analog terestrial menjadi digital (analog switch off/ASO) di Indonesia sudah mencapai 97,23%. Target pencapaian 100% diharapkan dapat tercapai sebelum Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023.

Saat ini sudah 668 stasiun TV yang telah beralih ke siaran digital. Hanya tersisa 19 stasiun TV analog atau 2,77% yang sedang dalam proses migrasi.

Lembaga penyiaran swasta (LPS) bertanggung jawab untuk mendistribusikan perangkat pengubah TV analog menjadi digital (set top box/STB) kepada rumah tangga miskin (RTM). Sekitar 5,6 juta RTM berhak menerima bantuan STB, yang ditanggung oleh pemerintah melalui APBN dan dana internal LPS.

Program ASO terakhir dilakukan di wilayah Sulawesi Selatan-1 pada 20 Juni 2023. Selanjutnya, program serupa akan dilaksanakan di wilayah Kota Medan dan sekitarnya (Sumatera Utara-1) pada akhir Juli 2023, untuk meningkatkan penetrasi siaran digital di Indonesia.

BACA JUGA

Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Geryantika Kurnia, menyatakan bahwa wilayah siaran Sumatera Utara-1, termasuk Kota Medan dan sekitarnya, siap melaksanakan program ASO pada 30 Juli 2023. Pada tanggal 4 Juli 2023, distribusi STB untuk rumah tangga miskin telah mencapai 70%.

“Diperkirakan, dalam waktu tiga minggu ke depan, sisa bantuan STB yang belum diberikan telah diterima oleh penerima dengan total bantuan terealisasi mencapai 92%,” harapnya.

Berdasarkan riset lembaga pemeringkat Nielsen, penetrasi siaran TV digital di 11 kota besar telah mencapai hampir 80% per tanggal 1 Juli 2023. Jumlah penonton TV digital juga meningkat menjadi sekitar 56 juta dari total penonton sebanyak 59 juta sebelum program ASO dilaksanakan. Nielsen juga mencatat bahwa masyarakat menggemari konten berita, hiburan anak-anak, olahraga, dan sinetron setelah migrasi ke siaran TV digital.

Program ASO di Indonesia dimulai pada 2 November 2022 sesuai dengan amanat UU No 6 Tahun 2023. Namun, program ini dilaksanakan secara bertahap karena lambatnya distribusi STB oleh LPS kepada RTM. Target program ASO telah diubah dua kali dan diharapkan selesai sebelum 17 Agustus 2023.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin