Duh, GPU Bekas Mining Kok Dijual Seperti Baru - detik

 

Duh, GPU Bekas Mining Kok Dijual Seperti Baru

By Anggoro Suryo
detikcom
July 22, 2023
Foto: Dok. Techspot
Foto: Dok. Techspot
Jakarta-

GPU bekas yang sebelumnya dipakai menambang kripto mungkin punya daya tarik tersendiri untuk para gamer dengan dana terbatas.

Pasalnya, GPU ini (seharusnya) dijual dengan harga lebih miring dibanding barang baru. Meski memang ada risiko tersendiri, karena saat dipakai menambang, GPU tersebut kemampuannya diperas habis-habisan, yang bisa saja performa pendinginannya sudah menurun.

Dengan menurunnya popularitas penambangan kripto -- termasuk nilainya yang sering merosot -- banyak yang menjual GPU bekas tambang kripto, yang sebenarnya tak masalah jika penjualnya mengakui kalau GPU tersebut memang bekas dipakai menambang.

Masalahnya adalah baru-baru ini ditemukan sebuah sindikat yang menjual GPU bekas tambang kripto namun diklaim sebagai GPU baru. Dilansir VideoCardz dan ITHome, sebuah sindikat di China beroperasi dengan membeli GPU bekas mining, membersihkannya, dan mengepak ulang GPU ini layaknya GPU baru.

Sindikat ini digerebek setelah kepolisian Bincheng di distrik kota Binzhou, China, melakukan investigasi selama setahun, dan akhirnya menemukan timbunan GPU di sebuah gudang di kota tersebut.

Saat digerebek, hanya tujuh dari 22 orang yang terlibat di sindikat ini yang berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman. Oh ya, nilai aksi penipuan ini pun tak main-main, karena GPU yang disita tersebut nilainya diperkirakan lebih dari USD 2 juta.

GPU bekas tambang kripto biasanya punya beberapa ciri tertentu. Salah satunya adalah chip memori yang warnanya sudah berubah. Ini adalah ciri dari komponen yang pemakaiannya sangat berat dan terus-menerus.

Namun penjualnya pun tak kalah pintar, mereka biasanya mengecat ulang chip memori ini agar warnanya tetap terlihat baru. Sebelumnya juga pernah ditemukan penambang kripto asal Vietnam yang membersihkan GPU bekas menggunakan pressure washer, seperti yang biasanya dipakai di tempat pencucian mobil.

Meski ada juga yang menganggap kalau GPU bekas tambang kripto ini baik-baik saja untuk dipakai nge-game. Asalkan memperhatikan faktor-faktor penting seperti membersihkan sistem pendinginnya dengan baik dan juga mengganti thermal paste yang ada di chip memori dan chip GPU-nya dengna yang baru.

Simak Video "Banyak Peminat Setelah Gunakan AI, Nvidia Langsung Untung Gede"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)