30 mesin pencari keamanan siber terbaik untuk tahun 2024 - tek id

Guru Ketakutan, Nadiem Langsung Minta Jawaban Bos ChatGPT - CNBC Indonesia

 

Guru Ketakutan, Nadiem Langsung Minta Jawaban Bos ChatGPT

Tech
Foto: Ilustrasi Nadiem Makarim, (Edward Ricardo/ CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengungkapkan banyak guru Indonesia cemas. Alasannya karena kehadiran chatbot ChatGPT di tengah masyarakat sejak beberapa waktu lalu.

ChatGPT langsung viral tak lama setelah diluncurkan pada November 2022. Chatbot asal OpenAI ini disebut bisa menggantikan peranan yang sebelumnya dilakukan manusia, termasuk guru.

Nadiem membicarakan ketakutan para guru ini kepada bos ChatGPT, Sam Altman. Keduanya sempat bertemu saat Altman datang ke Indonesia pertengahan bulan lalu.


"Teknologi ini membuat guru-guru ketakutan karena penilaian kuantitas dan kualitas dalam proses belajar-mengajar akan tertantang. Sistem pendidikan memang perlu beradaptasi, namun bagaimana tanggapan Anda?," kata Nadiem kepada Altman, saat sesi tanya-jawab yang berlangsung hari ini, Rabu (14/6/2023), di Jakarta.

Altman menjawab sistem pendidikan akan terus berubah mengikuti perkembangan teknologi. Misalnya kalkulator dan mesin pencari yang melakukan hal tersebut lebih dulu.

Hal serupa juga terjadi dengan kehadiran Artificial Intelligence, teknologi dibalik ChatGPT. Para guru, Altman menjelaskan, bisa memanfaatkannya untuk proses belajar mengajar.

"Polanya mirip dengan perkembangan teknologi sebelumnya. Guru-guru bisa mencari fakta dan informasi dari Google. Sekarang, dengan kehadiran AI, para guru juga bisa memanfaatkan tool yang bermanfaat dalam proses belajar-mengajar," jelasnya.

Altman juga mencoba menenangkan para guru untuk tidak takut dengan perkembangan teknologi. Dia mengajak melihat teknologi AI untuk mempermudah pekerjaannya.

ChatGPT juga sempat ditolak di sejumlah sekolah Amerika Serikat (AS) saat awal kemunculannya. Namun akhirnya diterima dan pada akhirnya bisa mempermudah kegiatan sekolah.

"Ini cara manusia berkembang," ungkap Altman.


(npb/npb)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin