McKinsey: Generative AI Berpotensi Ciptakan Nilai Ekonomi US$ 4,4 Triliun By BeritaSatu

 

McKinsey: Generative AI Berpotensi Ciptakan Nilai Ekonomi US$ 4,4 Triliun

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Ilustrasi ChatGPT
Ilustrasi ChatGPT

Jakarta, Beritasatu.com - Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) generatif atau generative AI memiliki potensi besar dalam meningkatkan produktivitas dan nilai ekonomi global. Menurut penelitian terbaru dari McKinsey yang menganalisis 63 kasus penggunaan teknologi generative AI, diperkirakan teknologi ini dapat menambah nilai ekonomi sebesar 2,6 triliun hingga 4,4 triliun dolar setiap tahun. Jumlah ini setara dengan 15 hingga 40 persen dari total dampak kecerdasan buatan secara keseluruhan.

Perkiraan ini bahkan dapat berlipat ganda jika mempertimbangkan penggunaan generative AI dalam perangkat lunak yang saat ini digunakan untuk tugas-tugas lain di luar kasus penggunaan yang sudah dianalisis.

Generative AI adalah AI yang dibangun menggunakan machine learning dan memiliki kemampuan untuk menghasilkan konten, bahkan konten kreatif seperti teks, musik, hingga seni digital. Generative AI mengolah konten yang sudah ada dalam jumlah besar untuk melatih model untuk menghasilkan konten baru. Mereka belajar untuk mengidentifikasi pola yang mendasari dalam kumpulan data berdasarkan distribusi probabilitas dan, ketika diberi perintah, membuat pola serupa. ChatGPT, DALL-E, dan Bard adalah contoh aplikasi generative AI.

BACA JUGA

Sebanyak 75 persen nilai tambah dari penggunaan generative AI terkonsentrasi pada empat bidang utama, yaitu operasi pelanggan (customer operations), pemasaran dan penjualan (sales and marketing), rekayasa perangkat lunak (software engineering), dan riset dan pengembangan (research and development).

Dalam 16 fungsi bisnis yang dianalisis, ditemukan 63 kasus penggunaan generative AI yang mampu mengatasi tantangan bisnis spesifik dengan menghasilkan satu atau lebih hasil yang dapat diukur. Contohnya adalah kemampuan generative AI dalam mendukung interaksi dengan pelanggan, menghasilkan konten kreatif untuk pemasaran dan penjualan, serta menyusun kode komputer berdasarkan instruksi bahasa alami, dan banyak lagi.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Generatif AI juga akan memberikan dampak signifikan di semua sektor industri. Perbankan, teknologi tinggi, dan ilmu kehidupan termasuk di antara industri yang dapat mengalami dampak terbesar terhadap pendapatan mereka dari generative AI. Misalnya, di sektor perbankan, teknologi ini dapat memberikan nilai tambah sebesar 200 miliar hingga 340 miliar dolar setiap tahun jika semua penggunaan generative AI diterapkan sepenuhnya. Di sektor ritel dan barang konsumen, dampak potensialnya juga signifikan, mencapai 400 miliar hingga 660 miliar dolar per tahun.

Generative AI memiliki potensi untuk mengubah struktur pekerjaan dengan meningkatkan kemampuan individu karyawan melalui otomatisasi beberapa aktivitas individu mereka. Teknologi generatif AI saat ini dan teknologi lainnya dapat mengotomatisasi aktivitas kerja yang memakan waktu 60 hingga 70 persen dari total waktu kerja karyawan saat ini.

Percepatan dalam potensi otomatisasi teknis ini sebagian besar disebabkan oleh kemampuan generative AI yang semakin meningkat dalam memahami bahasa alami, yang diperlukan untuk aktivitas kerja yang memakan waktu 25 persen dari total waktu kerja. Oleh karena itu, generative AI memiliki dampak yang lebih besar pada pekerjaan berbasis pengetahuan yang membutuhkan gaji dan persyaratan pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pekerjaan lainnya.

Transformasi tenaga kerja diperkirakan akan berlangsung lebih cepat karena peningkatan potensi otomatisasi teknis. Skenario adopsi terbaru yang mencakup perkembangan teknologi, kelayakan ekonomi, dan waktu penyebaran menunjukkan bahwa separuh dari aktivitas kerja saat ini dapat diotomatisasi antara tahun 2030 dan 2060, dengan titik tengahnya pada tahun 2045, atau sekitar satu dekade lebih awal dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Generative AI dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas tenaga kerja di seluruh sektor ekonomi, tetapi hal ini akan memerlukan investasi untuk mendukung para pekerja dalam menggeser aktivitas kerja atau mengubah pekerjaan mereka. Generative AI dapat meningkatkan pertumbuhan produktivitas tenaga kerja sebesar 0,1 hingga 0,6 persen setiap tahun hingga tahun 2040, tergantung pada tingkat adopsi teknologi dan penyaluran waktu kerja pekerja ke aktivitas lainnya. Jika digabungkan dengan semua teknologi lainnya, otomatisasi pekerjaan dapat menambahkan 0,2 hingga 3,3 poin persentase setiap tahun pada pertumbuhan produktivitas.

Namun, pekerja akan membutuhkan dukungan dalam mempelajari keterampilan baru, dan beberapa di antaranya akan mengubah pekerjaan mereka. Jika transisi pekerja dan risiko lainnya dapat dikelola, generative AI dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan mendukung dunia yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

Era generative AI baru saja dimulai. Antusiasme terhadap teknologi ini sangat terasa, dan pilot-pilot awalnya juga menarik perhatian. Namun, untuk sepenuhnya merealisasikan manfaat teknologi ini akan membutuhkan waktu, dan pemimpin dalam bisnis dan masyarakat masih menghadapi tantangan yang signifikan. Tantangan-tantangan ini meliputi pengelolaan risiko inheren dari generative AI, penentuan keterampilan dan kemampuan baru yang dibutuhkan oleh tenaga kerja, serta pemikiran ulang terhadap proses bisnis inti seperti pelatihan ulang dan pengembangan keterampilan baru.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)