Nasabah Prioritas Bank BRI Kehilangan Rp 1,4 Miliar Akibat Phising, Sambangi Polda Jatim - Beritasatu

 

Nasabah Prioritas Bank BRI Kehilangan Rp 1,4 Miliar Akibat Phising, Sambangi Polda Jatim

Rabu, 5 Juli 2023 | 17:42 WIB
Achmad Ali / RZL
Hilmy F Ali, kuasa hukum korban saat usai melapor ke SPKT Polda Jatim, Rabu, 5 Juli 2023.
Hilmy F Ali, kuasa hukum korban saat usai melapor ke SPKT Polda Jatim, Rabu, 5 Juli 2023. (Beritasatu.com / Achmad Ali)

Surabaya, Beritasatu.com - Seorang nasabah BRI Prioritas mengunjungi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim pada Rabu (5/7/2023) siang untuk meminta kejelasan mengenai kasus hilangnya saldo Rp 1,4 miliar miliknya. Korban bernama Silvia YAP (52), pengusaha aksesoris kendaraan yang beralamat di Jl Inspol Suwoto, Kecamatan Lawang, Malang, Jawa Timur.

Dalam penjelasan dari kuasa hukumnya, Hilmy F Ali, kliennya merupakan nasabah prioritas di Bank BRI. Namun, saat mengalami kerugian miliaran rupiah, tidak ada tindakan yang baik dari pihak BRI untuk menyelesaikan permasalahan nasabahnya.

BACA JUGA

Oleh karena itu, Silvia melaporkan kejadian tersebut ke Polda Jatim dengan harapan mendapatkan kejelasan mengenai kasus yang sedang dihadapinya.

Advertisement

Hilmy F Ali menceritakan bahwa kliennya kehilangan uang miliaran rupiah setelah membuka undangan pernikahan digital yang dikirim oleh seseorang. Ia menduga bahwa kliennya menjadi korban phising.

"Pada akhir Mei 2023, klien kami menerima undangan pernikahan digital. Setelah mengklik undangan tersebut di ponselnya, muncul enam aplikasi mobile banking. Namun, hanya BRI yang mengalami pelanggaran keamanan. Laporan yang kami sampaikan ke Polda ini berkaitan dengan akses ilegal dan TPPU," jelasnya.

BACA JUGA

Silvia menerima undangan digital tersebut sekitar pukul 22.00 WIB. Setelah mengkliknya, iklan-iklan tiba-tiba muncul di ponselnya. Merasa ada yang tidak beres, ia memeriksa saldo melalui mobile banking.

"Uang tersebut keluar melalui BRImo dan ditransfer ke rekening bank lain. Ada juga yang menggunakan uang tersebut untuk mengisi pulsa sebesar 40 juta. Dari jam 22.00 WIB hingga jam 03.00 WIB, terdapat total belasan transaksi," lanjut Hilmy.

Padahal, menurut Hilmy kliennya tidak pernah mengunduh aplikasi BRImo. Namun, notifikasi yang diterima kliennya melalui email menunjukkan adanya transaksi melalui BRImo.

"Klien kami tidak pernah mengunduh atau mendownload aplikasi BRImo. Namun, ketika kami memeriksa mutasi rekening, transaksinya beralih dari BRImo. Siapa yang menginstal aplikasi BRImo ini?" tambahnya dengan rasa heran.

BACA JUGA

Menurut pengetahuannya, untuk mengaktifkan layanan mobile banking, diperlukan konfirmasi ganda (double check) antara pihak bank dan nasabah.

Keesokan harinya, setelah saldo ATM BRI terkuras dan hanya tersisa Rp 2 juta, Silvia mengajukan pertanyaan mengenai masalah keamanan kepada pihak Bank BRI KCP Lawang. Namun, sebagai nasabah prioritas, permintaan pengembalian uang tidak dapat dipenuhi oleh BRI KCP Lawang, dan mereka dinilai tidak bertanggung jawab.

"Kami juga telah melaporkan masalah ini kepada OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sebagai nasabah prioritas, klien kami tidak mendapatkan perlindungan terhadap saldo yang ada di rekeningnya," tegasnya.

BACA JUGA

Selain itu, pihaknya juga telah melaporkan masalah ini ke LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) terkait pengawasan mereka. Hal ini dilakukan agar masalah ini mendapatkan perhatian, dan terbukti bahwa aplikasi BRImo belum aman, dengan adanya bukti dari klien yang menjadi korban kebocoran.

Sebagai informasi, kasus ini telah dilaporkan ke SPKT Polres Malang dengan nomor STTLPM/253/SAT RESKRIM/V/2023/SPKT/POLRES MALANG/POLDA JAWA TIMUR, yang diberikan pada tanggal 31 Mei 2023. Kasus tersebut melibatkan Bank BRI Lawang dan terkait dengan perlindungan konsumen.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

BERITA TERKAIT

Didukung BRI, Indonesia Cup Testers Championship Hasilkan Juara Dunia

Didukung BRI, Indonesia Cup Testers Championship Hasilkan Juara Dunia

EKONOMI
Berkat BRI, Desa Burong Belitung Mampu Kembangkan Potensi

Berkat BRI, Desa Burong Belitung Mampu Kembangkan Potensi

EKONOMI
BRImo Makin Lengkap, Pengguna BRImo Bertambah 1 Juta User per Bulan

BRImo Makin Lengkap, Pengguna BRImo Bertambah 1 Juta User per Bulan

EKONOMI
Kick-off BRI Liga 1, BRI Harap Masyarakat Kawal Kebangkitan Bola Indonesia

Kick-off BRI Liga 1, BRI Harap Masyarakat Kawal Kebangkitan Bola Indonesia

SPORT
BRI Peduli Salurkan Bantuan Tanggap Bencana Gempa Bantul Yogyakarta

BRI Peduli Salurkan Bantuan Tanggap Bencana Gempa Bantul Yogyakarta

EKONOMI
Kirana Proteksi Terencana, Lahir dari Inovasi Layanan Besutan BRI dan BRI Life

Kirana Proteksi Terencana, Lahir dari Inovasi Layanan Besutan BRI dan BRI Life

EKONOMI

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)